Jarak dan Ukuran Ideal Besi Cor dak untuk Rumah plat beton lantai 2

By | September 29, 2020

Konstruksi Indo, Ukuran Ideal Besi Cor dak untuk Rumah plat lantai 2 – Anda memiliki rencana membangun rumah 2 lantai? Maka tidak ada salahnya memahami dulu mengenai pondasi rumah bertingkat semacam ini. Pondasi merupakan komponen penting dalam sebuah bangunan karena menjadikan bangunan bisa berdiri tegak dan tidak mudah roboh. 

Pemilihan pondasi menjadi semakin kritis ketika ditujukan untuk membangun rumah, termasuk rumah berlantai dua.

Meskipun proses pemilihan material, ukuran besi cor dak untuk rumah 2 lantai, dan pengerjaan pondasi bisa diserahkan pada tukang bangunan atau arsitektur yang ditunjuk. Namun tidak ada salahnya untuk sedikit memahami mengenai pondasi rumah berlantai dua ini. 

ukuran besi cor untuk rumah 2 lantai

Ukuran Besi Cor dak untuk Rumah 2 Lantai 

Pondasi untuk bangunan lantai dua dengan bangunan biasa tentunya berbeda, ada teknik tersendiri dalam pembangunannya. Pasalnya pondasi untuk bangunan berlantai akan menerima beban lebih besar dibanding rumah biasa.

Jenis pondasi yang umum digunakan untuk bangunan rumah berlantai dua adalah kombinasi antara footplat dan juga pondasi batu belah. Istilah pondasi footplat dikenal juga dengan sebutan pondasi cakar ayam yang sangat umum digunakan untuk membangun bangunan di Indonesia. 

READ  Ulasan Singkat Konstruksi Cakar Ayam Yang Wajib Dibaca

Menurut jasa Kontraktor bali, Pondasi cakar ayam ini akan ditanam dalam kedalaman tertentu, tergantung pada kondisi tanah di lokasi pembangunan. Jika kondisi tanahnya normal maka kedalaman cukup 1.5 meter. Sedangkan untuk pondasi batu belah memiliki kedalaman 70 cm. 

Jika kondisi tanah kurang stabil maka tingkat kedalaman dari pondasi ini akan dibuat lebih dalam. Supaya kemampuannya dalam menopang bangunan berlantai dua lebih maksimal.

Lalu, bagaimana dengan besaran besi dak untuk rumah plat lantai 2? Tak hanya perlu tahu jenis pondasi yang umum digunakan saja, namun penting pula untuk mengetahui ukuran yang ideal. 

Sebagai standar dalam menentukan ukuran besi cor untuk pondasi rumah berlantai 2, maka dikondisikan dalam area lahan normal.

Luas area pembangunan atau luas lahan katakanlah memiliki bentang antara 3 sampai 4 meter. Kondisi normal seperti ini sudah ideal jika mempergunakan besi cor dengan diameter 12 mm. 

Baca Juga: Pengertian Konstruksi bangunan

Diameter ini dirasa sudah sangat cukup untuk menopang dak bangunan berlantai dua, dengan kondisi standar atau normal tadi. Jika kondisi lahan berbeda dan luas bangunannya pun berbeda maka akan membutuhkan ukuran besi cor yang berbeda pula.

Lebih detailnya nanti bisa dikonsultasikan dengan tukang bangunan, sehingga rumah dapat berdiri kokoh untuk jangka panjang. 

READ  Berapa sih Jarak Anyaman Besi Cor Lantai?

Hal-Hal Penting Terkait Pembuatan Pondasi Rumah 2 Lantai 

Setelah mengetahui ukuran ideal untuk besi cor beton yang akan digunakan sebagai pondasi bangunan rumah berlantai dua. Maka langkah berikutnya adalah mengetahui hal-hal penting dalam proses pembangunan pondasi tersebut. Berikut detailnya: 

1. Pondasi Dibuat dengan Baik 

Pondasi yang baik dan kuat adalah yang dibuat dengan baik oleh ahlinya, jadi pastikan pembuatannya sudah benar. Berikan arahan pada tukang untuk mengerjakan pondasi dengan rapi agar kuat maksimal. 

2. Ukuran Besi cor dak plat lantai 2 Sesuai Standar

Besi cor yang bisa dipilih untuk pondasi rumah 2 lantai ada beberapa jenis, pastikan memilih yang sudah sesuai standar SNI. Sehingga kualitas dan kemampuannya dalam menopang bangunan sudah terjamin. Standar ukuran besi cor dak plat lantai 2 antara besi 10mm dan 12 mm.

3. Jarak anyaman besi cor dak lantai 2

Semisalnya kita membuat lantai dengan dimensi 3 x 7 maka jarak anyaman besi cor lantai 2 adalah 20 cm jika menggunakan besi dengan ukuran 12mm

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini

Konstruksi Indo, Ukuran Ideal Besi Cor dak untuk Rumah 2 Lantai – Anda memiliki rencana membangun rumah 2 lantai? ( sumber sumber oerleebook.wordpress.com )

3. Tidak Membeli Pondasi Siap Pakai 

Jika ingin cepat dan praktis sekaligus hemat, sebenarnya Anda bisa membeli pondasi rumah 2 lantai siap pakai. Namun resikonya adalah mendapatkan pondasi dengan diameter terlalu kecil sehingga bangunan rentan roboh. Sebaiknya memilih membuat pondasi langsung meski prosesnya lebih lama dan biayanya lebih mahal, namun dijamin aman.

READ  Dasar-Dasar Kontruksi Bangunan untuk Para Pemula

Baca juga: Mengetahui Proses Pengecoran Beton secara Bertahap

Pondasi bangunan 2 lantai memang sebaiknya tidak dibuat dan dipilih secara asal agar keselamatan penghuni terjamin. Detail ukuran besi cor dak rumah plat lantai 2 yang ideal sudah disampaikan di atas, pastikan untuk dijadikan standar dalam memilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + six =