Tahapan dalam Pembuatan Jalan Raya yang Harus Anda Tahu

By | Februari 21, 2020

Konstruksi Indo, Tahapan dalam Pembuatan Jalan Raya yang Harus Anda Tahu – Semakin elitnya dan canggihnya zaman menjadikan banyak infrastruktur yang berbembang demi membantu kehidupan manusia. Banyak diantaranya yang mengalami perubahan karena didukung oleh sistem yang maju serta sumber daya yang memadai. Salah satunya dalam pembangunan jalan raya.

Jalan raya merupakan salah satu sarana yang mendukung lancarnya transfortasi darat serta mampu menghubungkan daerah yang satu dengan daerah lainnya. Saat ini, penggunaan jalan raya sangat penting bagi kehidupan manusia, misalnya untuk kegiatan kesehatan, ekonomi dan pendidikan.

Bagi negara berkembang seperti Indonesia, pembangunan jalan raya menjadi komponen yang harus selalu ditingkatkan. Untuk itulah, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai tahapan dalam pembangunan jalan raya.

ukuran besi cor untuk rumah 2 lantai

Tahapan Pembuatan Jalan Raya

Membangun jalan raya yang kokoh, kuat dan tahan lama merupakah hal yang tidak mudah. Ada beberapa tahapan serta komponen yang perlu anda ketahui terlebih dahulu. Berikut hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dalam proses pembuatan jalan raya:

1. Pengukuran Badan Jalan

Sebelum mulai membangun, pastikan anda perlu mengukur panjang dan lebar jalan yang ingin dibangun agar sesuai dengan anggaran maupun kriteria jalan yang ingin dibangun.

Selain itu juga, pengukuran perlu ditandai agar ketika proses pengerjaan tidak memakan lahan orang lain ataupun terjadi hal yang melenceng.

2. Perataan dan Pembersihan Lahan

Hal ini sangat penting dilakukan agar jalan dapat tetap kokoh dan kuat walaupun sudah digunakan bertahun-tahun. Jalan diratakan dengan tanah dan bebatuan agar ketika dilalui oleh mobil berkapasitas besar tidak menyebabkan badan jalan cepat berlubang.

Selain itu juga, lahan perlu dibersihkan dari sampah, tanaman, dan lainnya yang mengganggu proses pembangunan nantinya. Biasanya pengerjaan ini menggunakan exavator untuk mengurug dan meratakan tanah.

3. Pembentukan Badan Jalan

Setelah lahan dibersihkan, perlu sekali lagi meengukur dan membentuk kerangka badan jalan. Hal ini dilakukan agar ketika proses pengerjaan tidak ada badan jalan yang tidak rata, terlalu belok dan lain sebagainya.

4. Pemadatan Tanah

Tanah  perlu dipadatkan agar bagian bawah jalan tidak cepat amblas ketika musim hujan tiba. Biasanya alat yang digunakan adalah Vibrator Roller.

5. Pembuatan Pondasi Bawah

Pondasi bawah merupakan bagian penting yang menentukan kuat atau tidaknya suatu jalan raya. Biasanya bahan yang digunakan adalah batu kali yang nantinya diratakan dan dipadatkan dengan alat Tandem Roller.

6. Pembuatan Pondasi Atas

Pondasi atas merupakan lapisan berbahan Prime Coat yang mana fungsinya adalah merekatkan bahan-bahan yang ada di pondasi bagian bawah.

7. Pemberian Lapisan Atas

Selanjutnya pada tahap pembuatan jalan raya adalah pemberian ATB atau Asphalt Treated Base. Biasanya ATB ini diratakan dengan alat Tandem Roller agar permukaan asphalt bisa merata dan pondasi atas tertutupi semua. Untuk hasilnya, biasanya jalanan dengan ATB masih belum mulus.

8. Pembuatan Lapisan Permukaan

Agar lebih rata dan tahan lama, ATB kemudian diberi lapisan pada permukaannya, yaitu dengan Asphalt Hotmix dan diratakan dengan alat Tandem Roller. Setelah dibiarkan semua bahan mengering, barulah didapatkan jalanan yang rata, mulus dan kuat.

9. Finishing

Sebenarnya, jalan raya pada tahap ini sudah bisa dilalui oleh berbagai macam kendaraan. Hanya saja, agar didapakan jalanan yang kuat, maka perlu diratakan kembali menggunakan mesin Peneumatic Roller. Sesudah tahap ini, jalan raya boleh diberi marka jalan atau lainnya dan sudah bisa digunakan untuk umum.

Baca juga: Ukuran Ideal Besi Cor untuk Rumah 2 Lantai

Penutup

Itulah tahapan dari pembuatan jalan raya dari awal pengerjaan hingga akhir menjadi suatu komponen infrastruktur yang utuh. Semoga hal ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin membangun jalan raya yang kuat dan kokoh serta tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 11 =