Rekomendasi Pembuatan Kolam Renang Pribadi Berkualitas

By | April 11, 2020

Konstruksiindo.com – Semakin hari, bumi rasanya bertambah panas. Apalagi bagi mereka yang tinggal di pusat kota besar dan padat penduduk. Supaya dapat menanggulanginya, salah satu solusinya adalah memilih pembuatan kolam renang pribadi agar bisa dipakai kapan saja bersama para anggota keluarga.

Kelebihan Kolam Renang Pribadi Dibandingkan Lainnya

Apabila dipikirkan lebih jauh, membuat sebuah kolam renang pribadi memiliki banyak manfaat. Terkait anggaran pembangunan, calon pemilik bisa memperkirakan sendiri mengingat ukuran, kerumitan desain, serta kualitas material yang akan digunakan. Berikut beberapa keuntungan dari memiliki sebuah kolam renang pribadi:

1. Bisa Dipakai Berolahraga Kapan Saja

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak khasiat. Misalnya seperti menjaga kesehatan pernafasan dan paru-paru, stabilitas jantung, membentuk bodi tubuh jadi ramping, membuat otot serta syaraf lebih lentur, merefresh otak dan menghindarkan diri dari penyakit tulang.

READ  5 Tips Perawatan Kolam Air Renang Pribadi Supaya Jernih dan Bersih Setiap Hari

Dengan memiliki kolam renang pribadi di rumah, pemilik bebas menggunakannya setiap hari atau kapanpun ketika diinginkan. Selain itu, olahraga rutin serta teratur juga akan memberikan dampak positif secara maksimal kepada tubuh. Dan yang paling menguntungkan adalah bisa melakukannya bersama keluarga

2. Menjadi Tempat Bercengkrama Keluarga

Poin ini merupakan kelebihan yang paling menonjol dari kolam renang pribadi, yaitu sifatnya privat. Pengguna tidak perlu rebutan ataupun merasa tidak leluasa ketika berenang seperti di pemandian umum. Pinggiran air akan menjadi wahana baru bagi keluarga untuk bergurau atau bermain percikan

Sangat menyenangkan bukan? Dengan begitu, ikatan kekeluargaan akan terjalin lebih erat. Meskipun pada beberapa saat orang tua harus meninggalkan rumah karena pekerjaan, tapi anak-anak di rumah tetap merasa diperhatikan dan disayang. Beginilah harmoni keluarga akan terwujud.

3. Tempat Melepas Kebosanan Setelah Bekerja

Setelah seharian berkutat di tempat kerja, tentu seseorang membutuhkan sebuah tempat untuk melepaskan penat. Metode ini sangat penting untuk menghindarkan diri dari tekanan mental ataupun fikiran yang dalam jangka waktu lama akan menimbulkan stres. Oleh karenanya, diperlukan pelarian.

Kolam renang di rumah bisa menjadi sebuah destinasi melepas penat setelah seharian berkutat dengan pekerjaan. Berenang bisa melepaskan seluruh hormon-hormon jahat untuk kemudian membuat pikiran lebih tenang dan bahagia.

READ  Konstruksi Kolam Renang Kaca [Ulasan Lengkap]

Tahap Perencanaan Membuat Kolam Renang Pribadi

Pembuatan kolam renang pribadi membutuhkan perencanaan yang cermat dan tepat supaya tidak menimbulkan penyesalan di akhir karena kontruksi ternyata tidak sesuai harapan. Oleh karenanya, kali ini akan dijabarkan beberapa langkah perencanaan pribadi untuk bangunan kolam tersebut sampai selesai:

1. Memilih Lahan yang Akan Digunakan

Langkah pertama yaitu memeriksa lahan kosong yang masih tersedia di sekitar rumah. Usahakan memilih tempat strategis dan dekat dari pantauan. Kontur juga menjadi pertimbangan tersendiri, kerena meski kontruksi dibuat dengan tujuan tidak ada kebocoran, tapi tipe tanah padat lebih baik.

2. Menentukan Desain yang Diinginkan

Jika lokasi kolam renang sudah ditetapkan, selanjutnya adalah menentukan ukuran serta desain yang diinginkan. Untuk konsep sendiri bisa mempertimbangkan luas lahan tersedia, usia para buah hati, kreatifitas sendiri, tujuan dan fungsi utama pembangunan serta alasan pribadi lain calon pengguna. Salah satu contoh desainnya ialah kolam renang kaca.

3. Melakukan Perencanaan Anggaran

Jika desain yang diinginkan sudah jadi, saatnya untuk membuat sebuah perincian anggaran. Dengan menghitung jumlah tabungan, pengguna bisa menyesuaikan bahan material, kedalaman, bahkan jumlah pekerja. Usahakan biaya pembuatan kolam renang bisa mengikuti perencanaan konsep dan bukan strategi sebaliknya.

READ  Ulasan Lengkap Konstruksi Kolam Renang Anak yang Perlu Anda Tahu

4. Memilih Jasa Kontraktor Terpercaya

Pengalaman merupakan unsur utama dalam sebuah bidang kontruksi. Oleh karenanya, calon pengguna harus dengan jeli memilih penyedia jasa manakah yang benar-benar memiliki kapasitas bagus. Bisa mencarinya melalui informasi di website, membaca tertimoni atau bertanya di medsos.

5. Melakukan Konsultasi

Usaha kontraktor kolam renang memiliki pengalaman dan kapasitas masing-masing dalam menentukan desain seperti apa yang aman dan indah dipandang mata. Oleh karenanya, konsultasi kepada mereka merupakan sebuah langkah tepat. Inilah salah satu fungsi penting memilih jasa kontruksi terbaik.

Demikian penjelasan mengenai pembuatan kolam renang pribadi. Semoga bermanfaat memberikan pembaca pencerahan terkait dengan topik tersebut. Jangan lupa terus jeli dan memperhatikan keamanan sebagai aspek utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 14 =