Pembuatan Kolam Renang Anak yang Ideal

By | April 16, 2020

Terkadang, sepasang orang tua harus memutar otak bagaimana cara supaya para buah hati bisa betah berada di rumah. Pembuatan kolam renang anak jadi salah satu solusi yang bisa dipakai. Selain mereka punya wahana bermain menyenangkan, berenang sangat bagus bagi pertumbuhan.

Rekomendasi Desain Kolam Renang Anak

Tujuan pembuatan kolam renang anak ialah menarik perhatian mereka supaya tidak keluar rumah sembarangan yang terkadang bisa mengundang bahaya. Oleh karenanya, desain wahana ini juga perlu dipertimbangkan untuk fungsi tersebut. Jangan pula sampai tidak sesuai dengan total anggaran. Berikut beberapa rekomendasi konsep simpel & menarik bagi kolam renang anak:

1. Berbentuk Persegi Panjang Mini

Rekomendasi bentuk pertama ialah persegi panjang mini. Meskipun bentuk ini sangat banyak ditemui, namun tentu saja bagi versi anak-anak ukurannya akan jauh berbeda. Pengguna bisa membangun dengan panjang 4 meter dan lebar separuhnya. Perhitungan itu sudah cukup memadai.

READ  5 Tips Perawatan Kolam Air Renang Pribadi Supaya Jernih dan Bersih Setiap Hari

Dengan desain demikian, mereka sekilas seperti sedang berada dalam ekspedisi penelusuran sungai panjang. Selain itu, konsep ini sangat mendukung jika si buah hati tersebut sedang ingin belajar berenang. Ukuran terlalu besar justru tidak akan efektif digunakan serta membuatnya mudah lelah.

2. Kolam Anak Berbentuk Lingkaran

Opsi kedua berbentuk lingkaran. Konsep ini cukup unik jika diletakkan di bagian depan samping rumah, halaman belakang / depan (usahakan di dalam pagar), maupun di salah satu bagian rumah sekalipun. Utamakan lokasi yang paling dekat dengan pemantauan orang tua atau penghuni sekitar.

Kelebihan dari bentuk lingkaran pada kolam renang ialah tidak ada sudutnya. Sehingga si kecil maupun orang tua tidak perlu khawatir akan terbentur pada tepian lancip tersebut. usahakan pula untuk tidak membuatnya dengan diameter terlalu kecil sehingga menyerupai sebuah lubang sumur.

3. Kolam yang Dilengkapi Jembatan dan Wahana Permainan

Konsep selanjutnya yaitu melengkapi kolam anak dengan atribut permainan yang mengasyikkan. Misalnya saja membuat terowongan pendek maupun papan seluncur plastik dengan ketinggian, daya kuat, serta bahan aman. Dengan begini, dijamin mereka akan betah dan sulit diajak untuk berhenti.

Pembuatan kolam renang anak dengan ditambahkan atribut permainan seperti ini memang akan menambah jumlah anggaran pembangunan. Entah wahana dibuat menggunakan sebagian bahan material kolam dan bersifat permanen / membelinya secara terpisah. Jika ada kesempatan, silahkan dicoba.

READ  Biaya Pembuatan Kolam Renang yang Harus Anda Siapkan!

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Kolam Renang Anak

Membuat sebuah kolam renang bagi anak dan untuk orang dewasa tentu memiliki perbedaan. Maka dari itu, ada banyak aspek yang perlu diperhatikan secara seksama sebelum membuatnya. Keteledoran konstruksi / bangunan bisa berakibat fatal bagi keamanan si kecil ketika memakainya.

1. Kedalaman Kolam Renang Anak

Bagian pertama yang harus diperhatikan ialah kolam renang. Pastikan pengguna mengetahui benar ukuran kedalaman dengan tinggi si anak. Umumnya kedalaman dasar air tidak akan lebih dari 60 cm. Jangan lupa terus melakukan penjagaan ketika si kecil sedang berenang kendati dia sudah terbiasa.

Ketinggian air juga harus dikira-kira. Jangan sampai kasus anak tenggelam di dalam kolam renang yang masa airnya sedang dalam keadaan penuh dibandingkan isi biasanya kembali terulang. Karena itulah, biasakan mengangkat anak masuk lebih dahulu untuk mengetes berapa tinggi air di tubuh nya.

2. Kebersihan Kolam Renang Anak

Selanjutnya menyangkut tentang kebersihan. Lakukan pembersihan secara rutin dan teratur sehingga mencegah hadirnya lumut maupun kotoran lainnya yang bisa mengakibatkan terpleset, gatal-gatal, maupun kecelakaan lainnya yang tidak diinginkan. Ukuran kecil akan mempermudah melakukan ini,

Orang tua akan lebih simpel dalam membersihkan karena ukurannya yang kecil. Jika tidak sempat karena jadwal waktu padat, maka mendatangkan seorang tukang pembersih kolam renang juga tidak akan butuh terlalu banyak biaya. Intinya, keamanan anak dengan keseimbangan rentan perlu diutamakan.

READ  Inilah Contoh RAB Pembuatan Kolam Renang Berukuran Besar

Demikian penjelasan umum mengenai pembuatan kolam renang meliputi rekomendasi desain serta beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Semoga uraian ini bisa menjadi solusi bagi para anak supaya lebih betah di rumah. Jangan lupa bagi orang tua untuk selalu melakukan pengawasan ketat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 1 =