Mengenal Balancing Tank Kolam Renang

By | September 27, 2020

Konstruksiindo – Sudahkah Anda paham apa itu balancing tank kolam renang? Jika iya, maka pemahaman tersebut harus direalisasikan dalam pembangunan water park. Namun jikalau belum, maka memahaminya merupakan hal wajib karena ia mempunyai fungsi sangat terpenting.

balancing tank kolam renang

Apa Itu Balancing Tank di Dalam Kolam Renang

Balancing tank merupakan sebuah alat yang digunakan sebagai bak penampungan air sebelum masuk ke dalam filter untuk selanjutnya akan dikembalikan pada kolam. Hal ini sangatlah penting keberadaanya karena dapat menjaga keseimbangan isi kolam.

Adapun, balancing tank sendiri mempunyai beberapa fungsi khusus. Pertama, ia dapat digunakan untuk menyeimbangkan posisi air agar tidak turun dan tetap overflow. Selanjuntya fungsinya yang kedua yakni sebagai sarana pembuang kotoran di kolam renang.

Fungsi dari adanya balancing tank di dalam kolam renang yang terakhir yaitu ia digunakan sebagai tempat penambahan air kolam saat mulai surut atau ketika mengalami kebocoran. Di sini juga bisa ditambhkan zat kimia supaya air senantiasa tetap bening dan steril.

READ  Biaya Pembuatan Kolam Renang yang Harus Anda Siapkan!
gambar balancing tank kolam renang
gambar balancing tank kolam renang

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Balancing Tank

Anda tidak boleh sembarangan saja ketika membuat balancing tank kolam renang. Ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan supaya nantinya aktivitas air di dalamnya dapat berjalan dengan lancar serta tidak terjadi masalah serius seperti halnya kebocoran atau luapan air berlebih.

1. Jarak Pembuatan Balancing Tank

Jarak pembuatan balancing kolam renang dengan air akan sangat penting karena ia dapat mempengaruhi daya hisap mesin pompanya. Dalam hal ini, janganlah Anda membuat jaraknya terlalu jauh ataupun dekat.

Berdasarkan pengalaman para pakar air dan pengusaha yang sudah berkecimpung selama puluhan tahun dalam dunia bisnis water park, maka jarak yang tepat dan direkomandasikan untuk pembuatan balancing tank yaitu sejauh 2 meter.

2. Lebar Bak Kontrol Balancing Tank

Anda harus membuat bak kontrol balancing tank yang sesuai dengan volume air pada kolam. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penyusutan atau kekurangan air saat mulai dijalankannya sebuah overflow.

Lebar bak kontrol balancing tank sendiri disarankan untuk menggunakan pipa berdiameter 3 inchi. Dengan lebar tersebut, maka air dapat terus masuk secara lancar dan akan sangat jarang terhadap adanya hambatan.

3. Kedalaman Balancing Tank

Balancing tank yang baik harus dibuat dengan kedalaman yang setara dengan tinggi beton pada konstruksi kolam renang pada umumnya.

READ  Rekomendasi Pembuatan Kolam Renang Pribadi Berkualitas

Ia tidak boleh diletakkan di atas kolam renang karena dapat membuat pompa mesin kolam renang bekerja lebih berat. Hal tersebut akan memberikan dampak negatif pada kolam karena semua komponen mesin cepat rusak.

4. Pemasangan Check Valve pada Balancing Tank

Memasang check valve balancing kolam renag sangatlah diperlukan terutama ketika mesin sedang berhenti beroperasi. Hal tersebut harus diperhatikan dan dirawat secara rutin.

Check valve tidak boleh dibiarkan begitu saja dan bahkan hingga ia mengalami kebocoran. Hal ini akan memberikan dampak buruk pada kolam renang karena dapat terjadi kebocoran air hingga masuk ke balancing tank.

Baca Juga: Rekomendasi kontraktor pembuatan kolam renang

5. Pemasangan Keramik kolam renang

Untuk membuatnya tetap bersih dan tidak gampang berlumut, maka balancing tank juga direkomendasikan agar dipasangi keramik kolam renang. Pemasangannya haruslah dilakukan sesuai prosedur serta jangan sampai mengganggu fungsi kerja utamanya.

Balancing tank yang dipasangi keramik juga akan lebih kedap terhadap air. Ia mampu menahan hal tersebut agar tidak masuk ke dalam mesin utamanya supaya tidak terjadi error atau kerusakan karena pengaruh hal-hal sepele seperti kotoran.

6. Ukuran Balancing Tank

Anda harus membuat balancing tank dengan ukuran yang sesuai dengan volume kolam renang. Janganlah membuatnya terlalu besar maupun sangat kecil kaena itu akan bepengaruh terhadap kinerjanya secara umum.

READ  Ulasan Lengkap Konstruksi Kolam Renang Anak yang Perlu Anda Tahu

Pentingnya membuat balancing tank yang sesuai ukuran bertujuan untuk tetap menjalankan fungsinya yakni meluberkan air walaupun pompa kolam renang sudah dalam keadaan mati. Maka, kesesuaian ukuran merupakan hal vital dalam pembuatan.

Dengan memahami balancing tank kolam renang beserta beberapa hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pembuatannya, diarapkan informasi tersebut benar-benar bisa bisa memberikan manfaat serta dapat mengedukasi masyarakat awam sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × three =