Konstruksi Kolam Renang Kaca [Ulasan Lengkap]

By | April 11, 2020

Konstruksiindo.com – Desain dan material swimming pool terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Kini, salah satu konsep yang tengah populer ialah transparansi. Untuk itu, sebelum mulai membuatnya, Anda harus mengetahui berbagai ulasan lengkap konstruksi kolam renang kaca terlebih dahulu.

Bahan Kolam Renang Kaca

Bahan merupakan salah satu elemen pembeda dan ciri khas dari kolam renang jenis kaca ini. Konsep transparansinya diwujudkan dalam bentuk lantai atau dinding berbahan kaca bening. Berikut adalah beberapa jenis material glass yang biasa digunakan:

1. Material Kaca Tempered

Tempered merupakan jenis material kaca kuat yang biasa digunakan untuk konstruksi bangunan beresiko tinggi. Apabila bahan ini terbentur benda keras, pecahannya tidak akan membahayakan atau berceceran karena akan membentuk retakan mirip dengan butiran es.

Kemudian, keunggulan lain dari kaca tempered adalah bisa membuat tampilan kolam renang tetap tampak jernih meskipun kondisi airnya sedang keruh.

READ  Berapa Ketebalan Cor Kolam Renang?

2. Material Kaca Laminated

Jenis bahan selanjutnya yang sering digunakan untuk membuat konstruksi kolam renang kaca ialah laminated glass. Material tersebut juga memiliki keamanan tingkat tinggi dan hanya retak apabila terkena benturan sangat keras. 

Selain itu, kelebihan lain dari kaca laminated ialah sifatnya yang sulit untuk ditembus. Hal tersebut menyebabkan material ini banyak dipilih sebagai bahan untuk lantai dasar kolam renang transparan.

Desain Kolam Renang Kaca

Konsep transparansi sebenarnya dapat diterapkan untuk banyak bentuk kolam. Akan tetapi, beberapa desain berikut adalah contoh yang paling cocok dibuat menggunakan elemen kaca.

1. Infinity Pool Kaca

Kolam renang dengan desain infinity pool sangat cocok bila dibuat dengan material kaca, terutama pada bagian dindingnya. Efek transparansi akan menambah konsep ujung tanpa batas menjadi terlihat lebih nyata dan menyatu sejajar horizon.

Dengan adanya transparansi dari dinding kaca bening, Anda juga dapat berenang sembari menikmati suasana pemandangan luar dari dalam air.

3. Rooftop Pool Kaca

Desain kolam renang lain yang sangat cocok dibuat dengan material kaca adalah rooftop pool. Biasanya, elemen tempered atau laminated glass akan dijadikan sebagai bahan untuk membuat lantai dasarnya.

Dengan desain tersebut, Anda dapat menikmati sensasi berenang yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Sebab, batas antara langit dan bangunan hanya dibatasi oleh kaca bening transparan.  

READ  Biaya Pembuatan Kolam Renang yang Harus Anda Siapkan!

Tahapan Pembuatan Kolam Renang Kaca

Ulasan lengkap konstruksi kolam renang kaca selanjutnya adalah tentang tahapan pembuatannya. Berikut merupakan langkah-langkah yang biasa kontraktor lakukan :

1. Pemilihan Material Kaca

Seperti telah diketahui di atas, terdapat 2 pilihan jenis material kaca yang dapat digunakan. Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera, kebutuhan serta anggaran. Sebaiknya, pilihlah jenis bahan dengan ketebalan paling sesuai.

Contohnya, kaca kolam renang pada rumah pribadi sebaiknya memiliki ketebalan material sekitar 4,5 sampai 4,8 cm. Sedangkan untuk tempat dengan resiko kontruksi lebih tinggi, hendaknya mempunyai minimal thicknesses 12cm.

2. Membuat Konstruksi Dasar Kolam

Setelah memilih bahan yang cocok, tahapan selanjutnya adalah mulai membangun konstruksi dasar kolam. Apabila menginginkan lantai transparan, maka langsung dapat memasang material kaca pada pool.

Konsep utama yang patut dipegang dalam membuat kontruksi dasar kolam dari kaca adalah keamanan. Material tempered atau laminated glass haruslah terpasang pas dan merekat kuat sehingga nantinya tidak akan terjadi kebocoran.

3. Membuat Dinding Kolam

Saat tahap pemasangan dinding kaca, konsep kemananan juga harus selalu menjadi pedoman. Bila perlu, lakukan pelapisan material sebanyak dua hingga empat kali hingga ia benar-benar kuat dan tahan bocor.

Selain itu, perekatan kaca pada dinding juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar bahan melekat sempurna dan tidak berbekas.

READ  Pembuatan Kolam Renang Anak yang Ideal

Harga Kolam Renang Kaca

Karena bahan dan proses pembuatan kolan renang kaca lebih rumit, maka kolam renang kaca memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan swimming pool biasa. Selisihnya kurang lebih sekitar 30 hingga 35 persen.

Walaupun lebih mahal, tapi Anda akan mendapatkan hasil kolam renang dengan desain yang lebih elegan, mewah dan futuristic.

Ulasan lengkap konstruksi kolam renang kaca diatas telah membahas tentang bahan, desain, proses, hingga biaya pembuatannya. Semoga semua informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − fourteen =