Keunikan Arsitektur Rumah Minimalis dengan Desain Kekinian

By | April 14, 2020

Anda semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya rumah minimalis. Hal tersebut dikarenakan saat ini sudah sangat banyak sekali khalayak umum yang memiliki rumah dengan model seperti itu, bahkan kebanyakan perumahan sekarang bentuknya mirip. Berikut adalah ulasan lengkap tentang arsitektur rumah minimalis.

Apa yang dimaksud dengan Arsitektur Rumah Minimalis?

Arsitektur rumah minimalis merupakan sebuah bangunan yang memiliki desain didasari oleh less in more. Memiliki bentuk sangat simpel, bahkan elemen-elemennya tanpa menggunakan dekorasi. Hal tersebut digunakan dengan tujuan supaya cahaya matahari lebih mudah masuk ke dalam hunian yang notabene dibangun di atas lahan sempit.

Konsep yang Digunakan Arsitektur Rumah Minimalis

Konsep arsitektur rumah minimalis tentunya sudah banyak diketahui dalam dunia interior karena banyak yang menyukai model dari bangunan ini. Memiliki berbagai macam bentuk serta mempunyai kelebihan. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan ingin membuatnya ada baiknya mengetahui terlebih dahulu.

READ  Berbagai Macam Software Animasi 3D Arsitektur Terbaik Saat Ini

1. Bentuk Hunian yang Simpel

Konsep arsitektur rumah minimalis memiliki bentuk yang terbilang sangat simpel. Bertujuan untuk menciptakan hasil yang lebih tertata serta agar tidak terlalu ribet. Selain itu, harus diperhatikan juga pada penekanan jarak pandang serta kecerahan pencahayaan supaya semakin elegan.

2. Tidak Terlalu Muluk dalam Membuat Bangunan dan Dinding

Selalu konsisten dalam memperhatikan dua hal, pertama eksteriornya menampilkan keindahan pada bangunan serta dinding yang sangat enak untuk dinikmati mata. Kedua, interiornya terlihat sangat simpel. Seringnya tampil berbentuk kotak secara vertikal maupun horizontal, dilengkapi dengan tampilan yang bersih.

3. Pencahayaan yang Maksimal

Konsep arsitektur rumah minimalis terlihat sangat bersih serta lebih terbuka, terlebih pada bagian dapur maupun ruang keluarga. Ciri khasnya dengan mengandalkan warna interior netral di setiap bagian dalam bangunan. Hanya memiliki beberapa furniture, bertujuan supaya flow menjadi lebih hangat serta nyaman.

4. Detailnya Tidak Banyak Dekorasi

Sering juga diberi tangga dalamnya dan dengan detail ending bersih serta tidak ribet. Arsitektur hunian minimalis memiliki kriteria bahwa semakin simpel sebuah bangunan, maka akan menjadi lebih baik untuk dinikmati. Furniture atau pelengkap menyatu dengan parabot yang ada, akan tetapi masih efisien.

READ  Berbagai Arsitektur Kontemporer yang Sedang Hits

5. Memiliki Bentuk dan Tekstur Unik

Kebanyakan konsep arsitektur rumah minimalis menggunakan material yang dikombinasikan dengan bahan menarik. Seperti halnya antara bahan dari kayu dan kaca mampu memberikan tekstur berbeda. Pengolahan bangunan tersebut menciptakan karakter yang bagus sehingga sesuai dengan kebutuhan pemilik.

Macam-macam Model Arsitektur Rumah Minimalis

Keindahan konsep yang dimiliki arsitektur yang minimalis memang tidak bisa diragukan lagi, hal itu dibuktikan dengan banyaknya peminat. Tentu Anda sudah mengetahui konsep tersebut. Akan tetapi, ada baiknya megetahui berbagai macam modelnya juga untuk menambah wawasan lebih luas lagi.

1. Rumah Minimalis Model Tropis

Model rumah seperti ini memang sangat tepat apabila diaplikasikan di tempat yang memiliki iklim tropis relatif hangat. Karena ruangannya lebih terbuka sehingga memudahkan angin untuk masuk ke dalam. Selain itu, dengan adanya tumbuhan di sekitarnya akan mengundang lebih banyak kesejukan.

2. Rumah Klasik yang Masih Lengket dengan Unsur Detail

Sesungguhnya arsitektur rumah jenis ini tidak lepas dari unsur detail yang sudah ada pada abad pertengahan. Model bangunannya pun tidak jauh berbeda dengan arsitektus minimalis. Bedanya pada jaman dahulu hanya menggunakan bahan sederhana, sedangkan saat ini lebih banyak material yang digunakan.

READ  Arsitektur Modern : Ciri Khas, Desain dan Bentuknya yang Unik

3. Arsitektur Rumah Art Deco

Karakter utama yang dimiliki rumah Art Deco berbentuk geometris yang sangat murni serta banyak menggunakan material dari bahan kaca. Tidak jauh berbeda dengan arsitrktur rumah minimalis lain pada saat ini. Model ini sangat tepat apabila Anda menyukai ruangan dengan cahaya yang terang benderang.

4. Rumah Penuh Warna

Jika Anda menyukai sebuah ruangan yang dipenuhi dengan berbagai warna, maka model ini sangat tepat. Cara pengaplikasiannya dengan memfokuskan satu warna saja, lalu dioplos dengan lainnya sehingga setiap ruangan memiliki berbagai jenis warna berbeda-beda.

Ulasan mengenai arsitektur rumah minimalis di atas pastinya sangat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin membuat bangunan dengan model terbaru. Silahkan tentukan pilihan terbaik Anda.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × five =