Jasa Pengolahan Limbah Rumah Sakit di Bali Terbaik

By | April 8, 2020

Pengolahan limbah rumah sakit di Bali – Salah satu penghasil limbah terbesar di Indonesia selain industri adalah rumah sakit. Berbagai alat medis dan pendukungnya menyisakan limbah yang kemungkinan sangat berbahaya jika tidak dialokasikan secara tepat. Oleh karena itu, kini telah hadir jasa pengolahan limbah rumah sakit di Bali yang akan menjadi solusi terbaik atasi limbah medis tersebut.

Tentang Jasa Pengolahan Limbah Rumah Sakit

Jasa pengolahan limbah rumah sakit di Bali adalah suatu jasa yang bergerak di bidang pengumpulan dan pengolahan limbah medis untuk dimanfaatkan sebagaimana ketentuan yang berlaku. Berbagai aktivitas rumah sakit menghasilkan aneka limbah yang sebagian di antaranya dapat membahayakan jika tidak diolah.

Di antara sebab bahayanya limbah rumah sakit adalah beracun dan dapat menimbulkan infeksi atau gangguan kesehatan tertentu. Karena itu, kini jasa pengolahan limbah rumah sakit di Bali hadir secara khusus untuk mengatasi penumpukan limbah-limbah tersebut sehingga tetap aman dan terkoordinir dengan baik.

Limbah rumah sakit sendiri terdiri dari dua jenis secara umum. Yaitu limbah klinis dan juga limbah non klinis. Keduanya bisa berbentuk cair dan padat sesuai dengan tipe dan fungsinya.

Pengolahan aneka jenis limbah medis ini bukan hal mudah dan cukup berisiko. Oleh karena itu, pilihlah jasa yang pengolahan limbah rumah sakit yang kredibel dan recommended.

Pastikan Anda memilih jasa pengolahan limbah yang telah memiliki ijin resmi agar pengolahannya sesuai dengan SOP yang ditentukan pemerintah. Hindari jasa pengolahan limbah abal-abal yang kurang berpengalaman. Apalagi jika jenis limbah yang dihasilkan berbahaya dan beracun.

READ  Begini Cara Menghitung Kebutuhan Besi untuk Plat Lantai

Jenis-Jenis Limbah Rumah Sakit

Ada beragam jenis limbah rumah sakit yang perlu diolah secara tepat. Beberapa di antaranya harus diolah secara hati-hati karena dapat membahayakan publik. Berikut adalah daftar jenis limbah rumah sakit yang membutuhkan penanganan khusus:

1. Limbah Jenis Infeksius

Jenis limbah yang pertama adalah limbah infeksius. Limbah ini adalah suatu limbah berasal dari pasien yang memiliki riwayat penyakit menular dan membutuhkan isolasi serta perawatan khusus.

Limbah ini cukup berbahaya karena bisa menular dan memerlukan perlakuan khusus. Jasa pengolahan limbah rumah sakit terbaiklah yang dapat menanganinya secara profesional.

2. Limbah Jenis Benda Tajam

Merupakan limbah rumah sakit yang berwujud alat dengan sudut dan sisi yang tajam. Di antara contoh limbah ini adalah perlengkapan untuk intraneva, jarum hipodermik, pecahan gelas, pipet pasteur, pisau bedah dan beragam alat medis lain yang dapat melukai.

Karena benda-benda tajam tersebut dapat menyebabkan sobekan, maka harus diolah secara hati-hati oleh jasa pengolahan limbah terbaik.

3. Limbah Jenis Jaringan Tubuh

Selanjutnya adalah limbah jaringan tubuh yang umumnya terdiri dari organ, jaringan tubuh, darah, plasenta serta berbagai cairan lainnya yang merupakan sisa autopsi ataupun pembedahan.

Limbah jenis ini membutuhkan perlakuan khusus meliputi label, kemasan dan kemudian dibuang ke bagian incinerator.

4. Limbah Jenis Citotoksik

Jenis limbah rumah sakit berikutnya adalah limbah Citotoksik. Limbah ini menjadi sebutan untuk aneka barang yang terkontaminasi dengan obat jenis Citotoksik.

Biasanya, itu terjadi selama proses peracikan ataupun saat terapi dilakukan. Limbah jenis ini harus diolah dengan cara pembakaran di alat khusus bernama incinerator bersuhu minimum 1000 derajat Celcius.

5.Limbah Jenis Farmasi

Adapun jenis limbah rumah sakit yang tidak kalah penting untuk diolah adalah limbah farmasi. Merupakan limbah yang asalnya dari obat-obatan kadaluwarsa atau yang sengaja dibuang karena terkontaminasi dengan benda lain. Bisa juga berupa obat yang tidak lagi digunakan bahkan dikembalikan oleh pasien.

READ  2 Pembagian Jenis – jenis Kontrak Konstruksi

6. Limbah Jenis Kimia

Berikutnya yaitu limbah kimia yang berhubungan dengan pemakaian bahan kimia ketika melakukan tindakan medis. Selain itu, biasanya limbah ini juga dihasilkan dari proses uji laboratorium, venetary, hingga sterilisasi dan juga riset. Limbah-limbah ini juga diolah secara memadai oleh jasa pengolahan limbah rumah sakit di Bali.

7. Limbah Jenis Radio Aktif

Jenis limbah radio aktif ini dihasilkan oleh hasil kontaminasi antara bahan tertentu dengan radio isotope pada pemakain medis. Bentuk limbah satu ini bisa berupa benda cair, padat hingga gas. Limbah ini juga akan mengalami penumpukan jika tidak diolah dengan baik dan maksimal.

8. Limbah Jenis Plastik

Selanjutnya adalah limbah plastik yang telah dibuang oleh pihak rumah sakit. Limbah jenis plastik ini cukup beragam, ada yang sebagai pelapis beragam alat medis, pelindung hingga perlengkapan dalam dunia medis itu sendiri.

Itulah contoh limbah rumah sakit yang harus diolah secara tepat dan maksimal agar tidak berbahaya bagi masyarakat dan juga lingkungan. Untuk lebih aman dan efisien, Anda bisa memanfaatkan jasa pengolahan limbah rumah sakit yang telah berpengalaman dalam bidang tersebut.

Keunggulan Jasa Pengolahan Limbah Rumah Sakit di Bali

Mengolah limbah rumah sakit tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Terlebih untuk jenis limbah medis yang masuk dalam kategori B3. Oleh karena itu, percayakan pengolahan limbah tersebut kepada jasa pengolahan limbah rumah sakit di Bali bersama Konstruksi Indo. Berikut beberapa alasan menggunakan jasa ini:

1. Telah Berlisensi dan Terintegrasi

Perizinan merupakan komponen paling penting bagi jasa olah limbah rumah sakit. Inilah mengapa jasa ini recommended untuk dijadikan pilihan. Telah mendapatkan lisensi dari pihak yang berwenang dalam bidang pengolahan limbah medis atau rumah sakit.

READ  Gunakan Material Baja untuk Konstruksi Gudang

Lisensi tersebut tidak hanya untuk pelaksanaan olahan saja, namun juga mencakup lisensi dalam transportasi dan juga pengumpulan limbahnya. Lisensi atau izin resmi tersebut menunjukkan bahwa sebuah jasa pengolahan limbah telah bekerja sesuai prosedur serta peraturan perundang-undangan.

2. Fasilitas Lengkap Milik Pribadi

Jasa pengolahan limbah satu ini juga menawarkan aneka fasilitas lengkap guna memaksimalkan proses pengolahan limbah rumah sakit. Dan menariknya, semua fasilitas mulai transportasi hingga pengolahan adalah milik pribadi dan telah sesuai dengan standar keamanan yang ada.

Di antara fasilitas yang dimiliki adalah alat untuk mengolah limbah medis sesuai dengan jenis limbahnya, kontainer hingga cold storage yang memungkinkan limbah disimpan lebih lama di dalamnya. Fasilitas lengkap tersebut tentu menunjang proses olahan limbah rumah sakit yang efektif dan efisien.

3. Menciptakan Program Pelatihan Penanganan Limbah

Limbah medis atau rumah sakit tergolong limbah yang cukup berbahaya sehingga dibutuhkan perlakuan khusus untuk itu. Dalam hal ini, jasa pengolahan limbah akan memberikan pelatihan dan penyuluhan terkait cara penanganannya.

Dengan mengetahui tata kelola limbah, semua petugas yang bersinggungan dengannya akan tetap aman dan terhindar dari bahaya yang ditimbulkan.

4. Memiliki Petugas Khusus yang Terlatih

Semua petugas yang bekerja di jasa pengolahan limbah rumah sakit adalah orang pilihan yang telah terlatih dan kompeten di bidangnya. SDM yang disiapkan benar-benar unggul sehingga dapat bekerja secara maksimal dan profesional.

Mereka juga telah mendapatkan bimbingan khusus untuk keselamatan kerja sehingga keamanan lebih terjaga.

Untuk berbagai instansi rumah sakit di Bali, kini telah tersedia jasa pengolahan limbah rumah sakit di Bali yang akan mengolah limbah sesuai standar yang berlaku. Tentunya dengan pelayanan terbaik dan teraman sehingga tidak membahayakan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × four =