Jasa Pengolahan Limbah di Bali Terbaik dan Profesional

By | April 8, 2020

Jasa Pengolahan Limbah di Bali – Limbah merupakan sisa-sisa ataupun pembuangan dari proses produksi. Bali menjadi salah satu kawasan yang tidak luput menghasilkan tumpukan limbah. Oleh karena itu, kini telah hadir jasa pengolahan limbah di Bali yang dapat dijadikan solusi mudah agar sisa-sisa tersebut tidak menumpuk begitu saja.

Adanya jasa pengolahan limbah terbukti efektif dalam mengurangi pembuangan proses produksi, khususnya untuk kawasan industri. Namun, pastikan Anda menggunakan jasa yang tepat dan kredibel agar sampah tersebut dapat terolah dengan baik dan aman.

Layanan Jasa Pengolahan Limbah di Bali

Jasa pengolahan limbah menawarkan berbagai layanan yang memudahkan sehingga perannya tidak sebatas mengolah, namun juga memastikan bahwa limbah terdistribusi dengan maksimal. Berikut adalah beberapa layanan jasa pengolahan limbah di Bali ala Konstruksi Indo:

1. Jasa Angkut Limbah

Limbah yang masih terumpuk di tempatnya akan diangkut secara langsung oleh jasa ini. Jasa pengangkutan limbah tentunya sangat memudahkan Anda karena tidak perlu kesana kemari mengangkut limbah. Mengingat dalam mengangkut limbah dibutuhkan armada serta pengemudi yang terlatih dan kompeten.

2. Jasa Pengumpulan Limbah

Tidak hanya sebatas mengangkut, jasa pengolahan limbah juga akan mengumpulkan limbah sesuai dengan jenisnya. Semua jenis limbah akan dikumpulkan mulai dari jenis liquid, solid hingga sludge. Ini juga tak kalah memudahkan, khususnya bagi pemilik industri atau pabrik yang menghasilkan limbah tersebut.

3. Jasa Pengolahan Limbah

Setelah semua jenis limbah dikumpulkan berdasarkan karakteristiknya, layanan berikutnya yang ditawarkan oleh jasa pengolahan limbah adalah mengolahnya menjadi barang jadi yang bermanfaat. Tentunya untuk didistribusikan kembali kepada masyarakat luas secara aman.

Jenis Limbah yang Wajib Anda Ketahui

Berbicara mengenai limbah, ada berbagai jenis yang dihasilkan oleh aktivitas manusia. Berikut adalah aneka macam limbah dan contohnya yang dapat didaur ulang menjadi barang baru:

1. Limbah Cair

Jenis pertama adalah limbah cair yang merupakan hasil sisa produksi berbentuk cair sehingga wujudnya adalah cairan khusus. Limbah cair ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya Domestic Wastewater atau limbah cair domestik.

Contoh dari jenis limbah ini adalah buangan dari perkantoran, perumahan, bangunan dan sebagainya. Sebagai contoh yaitu air detergen, air sabun dan sebagainya.

Berikutnya adalah Industrial Wastewater atau limbah cair industri yang merupakan buangan dari proses industri. Contohnya sisa untuk mewarnai kain di industri tekstil, sisa olahan makanan, sisa cucian daging dan banyak lagi lainnya.

Selain itu, ada juga jenis limbah cair yang dihasilkan dari rembesan dan luapan. Misalnya bocoran dari pipa yang rusak atau limbah rumah sakit.

2. Limbah Padat

Jenis limbah berikutnya adalah limbah padat. Merupakan sisa atau hasil proses industri yang bentuknya padat. Ada banyak sekali contoh dari limbah ini, di antaranya adalah plastik, serbuk besi, kain, serbuk kayu dan banyak lagi lainnya.

READ  Cara Pemasangan dan Proses Pembesian Kolam Renang

Limbah jenis ini masih terbagi lagi menjadi beberapa bentuk, pertama adalah limbah organik yang mudah busuk lantaran terurai oleh mikroorganisme. Misalnya sisa-sisa bahan dapur, kulit buah, sisa makanan dan sebagainya.

Kedua adalah limbah non-organik yang cenderung sulit mengalami pembusukan. Misalnya kertas, kaca, logam, plastik, selulosa dan sebagainya. Ada juga jenis limbah padat ketiga berwujud abu yang dihasilkan oleh proses pembakaran.

3. Limbah Gas

Berikutnya, ada jenis limbah gas yang muncul melalui udara. Meskipun tidak dapat dipegang secara langsung, jenis limbah ini masih mengandung unsur kimia tertentu, seperti NO2, H2, CO2, N2, O2 dan sebagainya.

Jika dibiarkan, limbah gas yang ada dapat mencemari udara dan berdampak buruk terhadap kelangsungan hidup manusia. Contoh nyata dari aktivitas manusia yang menghasilkan limbah jenis ini adalah aktivitas pabrik yang menghasilkan asap dan debu.

Berbagai jenis limbah yang telah disebutkan berdasarkan bentuk bendanya di atas harus diolah dengan baik agar tidak membahayakan kelangsungan hidup manusia. Karena itu, memanfaatkan jasa pengolahan limbah sangat penting di era saat ini sehingga selain efektif juga bermanfaat.

Jasa Pengolahan Limbah Limbah B3

Meskipun terdiri dari beberapa jenis berdasarkan karakteristiknya, limbah-limbah yang ada tersebut bisa berbahaya dan bisa tidak. Dalam hal ini muncul istilah limbah B3 yang merupakan singkatan limbah bahan, berbahaya dan beracun.

Banyak pemilik perusahaan atau industri yang kebingungan ketika menghasilkan jenis limbah tersebut. Karena jika dibiarkan bisa berbahaya, tidak hanya bagi lingkungan namun juga untuk masyarakat sekitar. Meski dikatakan berbahaya, namun sebenarnya limbah jenis B3 tetap bisa diolah menjadi barang baru.

Karena itu, saat ini tidak sedikit perusahaan yang memanfaatkan jasa pengolahan limbah B3 di Bali sebagai solusi. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, pemilik industri atau pabrik tidak perlu khawatir lagi terkait limbah yang dihasilkan, tentu saja dengan jaminan aman dan terkendali.

Tips Memilih Jasa Pengolahan Limbah Terbaik

Memilih jasa pengolahan limbah tentunya tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan skill dan tata managemen khusus untuk dapat bergerak di bidang tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jasa yang benar-benar terpercaya dan berpengalaman. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Pilih yang Berpengalaman

Hal utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih jasa pengolahan limbah adalah berpengalaman. Jasa yang telah berpengalaman dan hasilnya terbukti efektif akan membantu Anda mendapatkan keuntungan dan kepuasan tersendiri. Limbah pun tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

2. Pastikan Pengolahan Limbah Sesuai Standar Pemerintah

Jasa yang sudah berpengalaman saja tidak cukup, pastikan memilih yang menerapkan teknik olahan sebagaimana ketetapan pemerintah. Dengan demikian, daur ulang limbah tidak akan menyalahi aturan dari pemerintah yang tentunya untuk keamanan dan kebaikan bersama.

3. Perhatikan Layanan yang Tersedia

Setiap jasa pastinya menawarkan layanan beragam. Hal penting yang perlu digarisbawahi adalah tidak semua melayani olahan limbah B3 yang cenderung berisiko.

Termasuk olahan limbah eksplosif serta radioaktif. Karenanya, pastikan jasa tersebut melayani pengolahan limbah sesuai jenis limbah yang dihasilkan industri Anda.

4. Pastikan Pelayanan Lengkap

Untuk memudahkan Anda, pilih jasa pengolahan limbah yang memberi layanan lengkap. Mulai dari pengangkutan limbah, membersihkan tangki minyak, pengumpulan hingga pembersihan tempat limbah. Ini sangat penting agar Anda tidak perlu repot di belakang. Apalagi jika jenis limbahnya B3.

5. Cermati Teknologi yang Dipakai

Hal paling mendukung dalam proses pengolahan limbah adalah teknologi. Oleh karena itu, pilih jasa yang benar-benar menggunakan teknologi standar. Sebagai contoh, untuk mengolah limbah B3 dibutuhkan teknologi khusus bernama insinerator. Dengan teknologi yang memadai, maka pengolahannya akan semakin aman dan efektif.

READ  Inilah Berbagai Fungsi Alat Berat Excavator

6. Pastikan Fasilitas Memadai

Fasilitas dalam pengolahan limbah pabrik sangatlah penting. Semakin lengkap fasilitasnya, maka akan semakin maksimal dan efektif semua proses yang diperlukan. Selain teknologi untuk olah limbah, fasilitas lainnya seperti transportasi berlisensi resmi harus diutamakan. Tidak hanya itu, fasilitas gudang terpisah, pengawasan hingga administrasi juga penting dijadikan pertimbangan Anda.

7. Pertimbangkan Biaya Pengolahan Limbah

Selain berbagai tips di atas, pastikan Anda juga mempertimbangkan biaya layanan. Hal ini disebabkan karena setiap jasa menawarkan harga yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan biaya jasa lebih rendah dibandingkan dengan saat mengolah sendiri. Dalam hal ini penting membandingkan jasa satu dengan yang lain untuk mendapatkan kualitas terbaik serta harga termurah.

Keunggulan Jasa Pengolahan Limbah di Bali

Untuk Anda yang merupakan pebisnis atau pemilik industri di Bali, tidak perlu khawatir karena kini telah ada jasa pengolahan limbah di kawasan tersebut yang terpercaya.

Jasa pengolahan limbah di Bali menawarkan beragam keunggulan sehingga sangat recommended untuk Anda. Berikut beberapa di antaranya:

1. Memiliki Legalitas yang Tidak Diragukan Lagi

Jasa pengolahan limbah satu ini telah lama berdiri dan terbilang berpengalaman dalam hal mengolah limbah. Bahkan, saat ini sudah memiliki legalitas berupa lisensi legal dari pihak pemerintah. Lisensi tersebut didapat secara langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan juga Kehutanan.

Legalitas yang ada menunjukkan bahwa jasa pengolahan limbah tersebut telah memenuhi standar keamanan. Produk yang dihasilkan pun juga sudah terjamin. Maka dari itu, layak untuk dijadikan pilihan untuk mengolah berbagai limbah yang dihasilkan industri Anda.

2. Melayani Paket Layanan Lengkap

Saat beberapa jasa yang lain hanya melayani olahan limbah, jasa satu ini telah menyediakan pelayanan terbaik dan terlengkap. Tujuannya adalah untuk memudahkan para penghasil limbah agar mereka tidak ribet dalam proses ini dan itu.

Di antara paket layanan yang ditawarkan adalah transportasi atau pengangkutan limbah, pengumpulan limbah, pengolahan limbah hingga pendistribusian limbah. Dengan demikian, pihak customer hanya terima jadi dan mendapat keuntungan darinya.

3. Terjamin dan Terpercaya

Jasa pengolahan limbah terbaik ini juga sangat terpercaya dan telah dibuktikan oleh banyak pelanggan. Layanan yang diberikan pun juga maksimal dengan fasilitas serta komponen yang lengkap milik pribadi. Berbagai kebutuhan dan pertanyaan pelanggan juga akan dilayani secara maksimal di jasa ini.

Karena telah terpercaya sejak lama, hingga hari ini berhasil melakukan kerjasama dengan banyak pihak serta perusahaan di Indonesia. Tentunya dengan hasil layanan yang terjamin dan tidak mengecewakan pelanggan.

4. Memiliki Komitmen untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan

Komitmen adalah hal terpenting bagi sebuah jasa pengolahan limbah. Khususnya komitmen dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Jasa olah limbah terbaik Bali ini memiliki komitmen tersebut dalam semua kegiatan perusahaan mereka.

Dengan demikian, fokus utama dibentuknya perusahaan tidak sebatas untuk memperoleh keuntungan, namun juga melestarikan lingkungan di Indonesia, khususnya Bali yang merupakan pulau dengan kondisi alam nan indah dan menakjubkan.

Tahap-Tahap Pengolahan Limbah Padat

Limbah yang telah dikumpulkan dan diklasifikasikan berdasarkan jenisnya akan diolah sedemikian rupa agar menjadi barang baru yang bermanfaat.

Akan tetapi, pengolahan limbah tersebut tidaklah mudah. Ada berbagai tahap yang harus dilewati. Berikut beberapa tahap pengolahan limbah padat ala jasa pengolahan limbah di Bali:

1. Tahap Penimbunan

Tahapan pertama yang umum dilakukan untuk mengolah jenis limbah padat adalah penimbunan. Sejauh ini, terdapat dua jenis penimbunan limbah yang terdiri dari penumbunan terbuka dan Sanitary Landfill. Hanya saja, untuk penimbunan terbuka kini dinilai tidak efektif karena bisa memicu bakteri dan penyakit bagi manusia.

READ  Cara Pintar dalam pemasangan Perancah scaffolding

Kuman yang dihasilkan dari penimbunan terbuka akan mencemari tanah dan terbawa air. Ini akan mengancam kesehatan dan kelestarian lingkungan.

Dengan metode Sanitary Landfill, sampah yang dikumpulkan akan ditimbun dengan lapisan plastik khusus sehingga dijamin tidak akan terjadi rembesan ke tanah. Metode ini dianggap lebih modern dan aman untuk manusia.

2. Tahap Insinerasi

Setelah melalui tahap pengumpulan, limbah padat tersebut selanjutnya akan menjalani tahap insinerasi. Ini merupakan proses pembakaran limbah padat dengan metode dan alat khusus yang dikenal dengan insinerator. Tahapan ini efektif untuk mengurangi jumlah sampah sampai 90%.

Adapun jenis limbah padat yang biasa diolah dengan metode ini adalah plastik, kertas dan juga karet. Metode tersebut kurang efektif jika digunakan untuk pembakaran jenis limbah kaca, baterai dan sampah makanan.

Adapun untuk biaya, pengolahan dengan cara ini terbilang cukup tinggi karena selain menggunakan alat khusus juga membutuhkan proses yang tidak mudah.

3. Tahap Pembuatan Kompos

Salah satu pemanfaatan limbah adalah untuk pembuatan kompos. Kompos merupakan jenis pupuk organik yang dapat dimanfaatkan untuk tanaman. Umumnya, pupuk jenis ini terbuat dari sisa atau limbah sayuran, buah-buahan, daun-daunan, ranting bahkan kotoran hewan.

Hasil limbah dari bahan-bahan tersebut ada yang berbentuk padat dan cair. Namun, kedua memiliki proses pembuatan yang berbeda-beda. Pengolahan jenis limbah organik ini tidak begitu sulit sehingga biaya operasionalnya relatif murah.

Cocok untuk Anda yang memiliki bisnis minuman sari buah dan sebagainya agar limbah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

4. Tahap Daur Ulang

Tahapan pengolahan limbah padat yang paling umum dilakukan adalah daur ulang. Tahap ini bertujuan untuk manghasilkan produk baru dengan daya jual tinggi.

Dengan demikian, sisa limbah perusahaan Anda akan menghasilkan sesuatu yang mendapatkan keuntungan asalkan diolah secara tepat oleh jasa yang terpercaya.

Adapun contoh jenis limbah padat yang bisa didaur ulang adalah kaca, plastik, kertas, besi, logam, karet, tembaga, alumunium, baja dan sebagainya.

Hasil dari daur ulang tersebut juga berbeda-beda. Misalnya untuk kertas dapat didaur ulang menjadi kertas kembali sehingga bisa dijual di pasaran.

Berbagai Hasil Olahan Limbah

Jasa pengolahan limbah di Bali mampu menghasilkan berbagai produk baru yang bemanfaat dan bernilai jual. Daur ulang tersebut bisa menghasilkan produk serupa ataupun berbeda dari awalnya. Berikut beberapa contoh hasil daur ulang olahan limbah:

1. Botol dan Wadah Kaca

Hasil daur ulang yang cukup umum didapatkan adalah botol atau sejenis wadah kaca. Bahan ini juga terbuat dari limbah botol atau wadah.

2. Bahan Aspal

Adapun jenis limbah padat yang terbuat dari olahan botol dan wadah dicampur dengan bahan aspal bisa menjadi pembuat jalan.

3. Kaleng Aluminium

Selanjutnya, hasil daur ulang dari olahan limbah aluminium bisa menjadi alumunium lagi yang dapat dimanfaatkan untuk industri. Baik itu industri makanan, minuman dan banyak lagi lainnya.

4. Karpet

Berikutnya adalah karpet hasil olahan limbah yang berasal dari botol plastik bekas. Khususnya plastik jenis tertalat atau PET.

5. Suku Cadang Mobil

Olahan lainnya yang tidak kalah menarik dari limbah adalah menghasilkan produk berupa suku cadang mobil. Namun, proses ini membutuhkan waktu dan teknik khusus sehingga tidak semua jasa olahan limbah mampu menghasilkannya.

6. Kertas

Kertas juga dapat didaur ulang menjadi kertas kembali sehingga dapat difungsikan oleh masyarakat luas dan pastinya menghasilkan uang bagi perusahaan. Inilah pentingnya menggunakan jasa olahan limbah karena selain mengurangi tumpukan sampah juga efektif meningkatkan penghasilan.

Jasa pengolahan limbah di Bali merupakan solusi mudah untuk mengolah limbah menjadi sesuatu yang menghasilkan. Pastikan menggunakan jasa terbaik untuk mendapatkan kemudahan dan keuntungan darinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × three =