Berapa sih Jarak Anyaman Besi Cor Lantai?

By | Maret 28, 2020

Konstruksi Indo, Berapa sih Jarak Anyaman Besi Cor Lantai? – Ketika kita akan membangun rumah, baik bertingkat atau lantai satu, tentu saja salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah kekuatan lantai yang hendak kita bangun. Dan kekuatan dari lantai ini sangat erat kaitannya dengan besi, semen, dan juga anyaman besi yang akan kita gunakan. Dan pada artikel kali ini kita akan sedikit membahas tentang anyaman besi cor untuk lantai.

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan ketika akan melakukan pengecoran lantai adalah “berapa jarak anyaman besi cor lantai yang ideal?” apakah anda juga memiliki pertanyaan seputar ini? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak pembahasan kita kali ini.

Jarak Anyaman Besi Cor Lantai

Jarak Anyaman Besi Cor Lantai Berdasarkan Diameternya

Salah satu hal yang akan dilakukan dalam pembuatan anyaman besi cor adalah menentukan diamer besi yang akan digunakan. Setelah itu biasanya jarak anyaman besi cor lantai mulai ditentukan.

Sebenarnya sah-sah saja kita mau menggunakan jarak berapa, namun biasanya orang-orang menggunakan jarak yang ideal dengan melihat diameter untuk disesuaikan dengan fungsi lantai dari rumah yang akan kita bangun.

READ  Begini Cara Menghitung Kebutuhan Besi untuk Plat Lantai

Diameter 10 MM

Salah satu diameter besi yang biasa digunakan untuk bangunan cor adalah besi dengan diameter 10 mm, yang mana untuk permeternya besi ini biasanya seberat 0,62 kg. Untuk ukuran ini biasanya menggunakan jarak sekitar 20 cm.

Diameter 8 MM

Mau menggunakan ukuran yang kebih kecil karena lantai yang akan kita bangun tidak menanggung beban yang terlalu berat? Anda bisa menggunakan besi dengan diameter 8 mm, yang mana besi ini per meternya memiliki bobot sekitar 0,39 kg.

Karena ukurannya lebih kecil, tentu jarak antar anyaman harus lebih rapat, biasanya orang-orang menggunakan jarak 120 mm untuk besi dengan ukuran ini.

Diameter 12 MM

Karena lantai yang akan kita bangun nantinya akan dilewati mobil atau kendaraan lain, maka kita harus membuat lantai yang lebih kuat, dan tentu saja besi yang digunakan juga harus kebih kuat. Jika 10 MM masih belum cukup, anda bisa menggunakan besi dengan diamater 12 MM yang mana besi ini per meternya memiliki bobot sekitar 0,89 kg.

Untuk besi dengan ukuran diameter 12 MM, biasanya jarak anyaman yang digunakan adalah 250 mm.

Diameter 13 MM

Ternyata besi dengan diamter 12 mm masih belum cukup kuat untuk membangun rumah, maka kita bisa menggunakan besi dengan diamter diatasnya, seperti 13 MM yang memiliki bobot sekitar 1,04 kg per meternya. Untuk besi dengan diameter 13 mm kita bisa menggunakan jarak seperti 12 mm yakni 250, atau sedikit lebih lebar, misalnya 250 mm.

READ  Hubungan Antara Infrastruktur dan Kontruksi

Nah itulah pembahasan kita terkait berapa jarak anyaman besi cor lantai yang kita sesuaikan dengan ukuran diameter besi yang hendak digunakan untuk anyaman. Apakah kita bisa membuat anyaman dengan jarak lebih panjang atau lebih pendek dari ukuran diatas?

Tentu saja boleh, malah akan lebih baik kalo kita juga menyesuaikan jarak antara anyaman dengan lantai yang akan kita bangun.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Kebutuhan Besi untuk Plat Lantai

Selain jarak, jangan lupa juga untuk menyesuaikan kualitas besi yang hendak digunakan dan bahan lain seperti semen atau bahan lain untuk pembuatan dak lantai. Semoga penjelasan singkat kami diatas dapat menjawab pertanyaan anda terkait jarak anyaman untuk besi cor, dan jika ada pertanyaan lain, anda bisa menanyakan hal tersebut kapada kami melalui kolom komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × three =