Sistem Instalasi Kolam Renang Skimmer, Skema Sirkulasi Pemipaan, dan Harga Skimmer Box

By | September 24, 2020

Pada artikel kali ini saya akan memberikan ulasan dan penjelasan tentang apa itu kolam renang skimmer, instalasinya, serta skema sirkulasi pemipaan. Tidak lupa di bagian akhir pembahasan saya juga akan menyebutkan harga skimmer box dan hal-hal lain yang terkait dengannya.

A.Sistem Instalasi Kolam Renang Skimmer

1.Apa itu kolam renang skimmer?

Bagi orang awam yang kurang paham tentang dunia kolam renang, mungkin mereka menganggap jika kolam sebagai sebatas kolam renang saja. Padahal kolam renang juga memiliki jenis bahkan perawatan dan peralatan yang dibutuhkan pun berbeda. Untuk biaya pembuatan kolam renang skimmer jauh lebih murah di bandingkan dengan sistem overflow.

Jenis sirkulasi kolam renang juga dikenal dengan istilah kolam renang overflow dan kolam renang skimmer. Adapun kolam renang overflow ialah kolam renang yang menggunakan sistem sirkulasi overflow. Air di dalam kolam renang akan mengalir dan melimpah menuju semua sisi bibir kolam renang.

Kemudian, aliran air tersebut akan menuju gutter atau selokan overflow. Adapun kolam renang skimmer yang akan menjadi fokus pada pembahasan artikel kali ini merupakan jenis kolam renang yang cocok untuk dibangun pada area kecil atau lahan yang sempit.

Jenis kolam renang skimmer menggunakan sistem sirkulasi yang diberi nama skimmer box. Skimmer box ini sendiri adalah aksesoris kolam renang yang memiliki fungsi sebagai lubang vakum dan juga sebagai lubang sirkulasi. Selain itu, skimmer box juga memiliki fungsi untuk menghemat tempat karena kolam renang tidak akan membutuhkan bak penampung lagi dengan adanya skimmer box ini.

2.Keunggulan dan kekurangan kolam renang skimmer

Kolam renang skimmer ini sebenarnya memiliki keunggulan dan kekurangan. Sehingga, jika Anda sedang berencana untuk membuat kolam renang, maka ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Adapun keunggulan dari kolam renang skimmer adalah Anda tidak memerlukan balancing tank lagi. Balancing tank ini sendiri merupakan  memiliki fungsi untuk melakukan penyeimbangan volume air pada kolam renang.

Balancing tank ini juga digunakan untuk kolam renang overflow yang mana ketika terjadi hujan, maka air kolam yang meluap tersebut akan ditampung di dalam balancing tank.

Sebaliknya, saat Anda telah selesai berenang dan keluar dari area kolam renang maka penguapan air yang terjadi akibat gerakan Anda tersebut akan dikirim kembali ke dalam kolam. Balancing tank ini memang memiliki tujuan untuk menjaga semaksimal mungkin agar tidak terdapat air yang terbuang.

Seperti yang harus Anda ketahui bahwa dengan menggunakan balancing tank maka Anda memerlukan tempat atau area tambahan di sekitar kolam.

Dengan keunggulan ini, maka Anda bisa menghemat tempat, apalagi jika lahan di rumah Anda adalah lahan yang sempit. Kemudian, kolam renang skimmer ini juga tidak membutuhkan vacuum port yang biasa terdapat pada dinding kolam karena vacuum cleaning tersebut sudah tergabung di dalam skimmer box.

Jenis kolam renang skimmer juga sangat cocok untuk Anda yang suka kedamaian dan ketenangan. Kolam renang skimmer sama sekali tidak menimbulkan suara berisik atau gemericik lewat tumpahan air di sekitar kolam.

Ya, kolam renang jenis ini memang tidak memiliki tumpahan air yang keluar dari kolam karena kolam renang skimmer memiliki desain khas tanpa permukaan atau bibir kolam yang nampak rata dan presisi.

READ  Biaya Pembuatan Kolam Renang yang Harus Anda Siapkan!

Kelebihan sistem kolam renang skimmer lainnya ialah bisa digunakan sebagai kolam renang indoor atau kolam renang yang berada di dalam ruangan.

Kekurangan dari jenis kolam renang skimmer ini dapat Anda lihat ketika proses pembuatan kolam renang di area terbuka yang mana kotoran atau debu di dalam kolam renang dapat terlihat secara jelas akan mengambang pada permukaan air.

Hal ini terjadi karena sirkulasi hanya mampu mengandalkan daya hisap dari port skimmer box. Tak hanya itu, posisi level air pada kolam skimmer tidak boleh berada di bagian bawah boxnya sebab ketika skimmer box tidak terisi dengan air maka pompa sirkulasi akan menghisap angin.

Jika ini terjadi maka pompa bisa saja mengalami kerusakan. Kemudian, untuk menghindari terjadinya kekosongan air pada bagian port hisap skimmer box, Anda harus rutin melakukan penambahan air.

Pada dasarnya, teknologi akan selalu mengalami perkembangan setiap waktunya. Penemuan teknologi yang baru bisa memperbaiki teknologi yang sudah ada sebelumnya. Hanya saja, tidak bisa dipungkiri jika dari tiap penciptaan teknologi akan mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Dengan mengetahui segala kekurangan dan kelebihan tersebut maka Anda akan lebih dimudahkan dalam memilih jenis kolam renang yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

3.Cara merawat kolam renang skimmer

Merawat kolam adalah hal yang sangat penting dilakukan secara rutin agar kolam renang Anda selalu sehat dan bersih saat digunakan. Di dalam melakukan perawatan, Anda juga tidak boleh sembarangan.

Perawatan harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan langkah yang tepat dan juga benar karena perawatan kolam renang ini bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh asal-asalan dalam membersihkan kolam renang .

Untuk merawat kolam renang skimmer terbilang susah-susah gampang. Dikatakan susah karena Anda memang tidak bisa asal-asalan melakukan vacumm kotoran pada kolam renang dan dikatakan gampang karena prosedur atau langkah-langkahnya memang mudah.

Jika Anda sudah terbiasa, maka perawatan kolam renang skimmer bisa Anda lakukan sendirian. Perlu Anda ketahui juga bila sistem sirkulasi skimmer memiliki pola perawatan yang lebih ringan. Bahkan, perawatan dari kolam renang skimmer ini terbukti lebih sederhana dan mudah dibandingkan sistem overflow. 

Jika Anda bingung dan masih khawatir untuk melakukan perawatan secara mandiri pada kolam renang jenis ini, maka Anda bisa melakukan konsultasi pada jasa pembuatan kolam renang yang terpercaya yang sudah semakin banyak saat ini, salah satunya adalah kolambali.com.

Adapun langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah vacuum kotoran yang terdapat di dalam kolam renang.

Perlu di ingat Saat melakukan perawatan ialah dengan mematikan mesin kolam terlebih dahulu kemudian baru memposisikan handle filter ke arah filter.

Selanjutnya, turn off pipa maindrain lalu turn on pipa pembuangan, begitu pula pada pipa skimmer. Setelah itu, Anda sudah bisa melakukan vacuum kotoran yang terdapat di dasar kolam renang kemudian menghidupkan kembali mesin yang terdapat di kolam renang.

Selanjutnya, setelah Anda telah selesai melakukan vacuum kotoran yang ada pada kolam renang maka silahkan matikan mesin sirkulasi yang terdapat pada kolam renang. Posisikanlah handle filter ke arah mencuci filter atau ke arah backwash. Perhatikanlah tabung gelas kaca yang berada di bagian filter, tabung tersebut akan mengeluarkan kotoran yang terdapat dalam kolam renang.

READ  Ulasan Lengkap Konstruksi Kolam Renang Anak yang Perlu Anda Tahu

Setelah kolam renang telah terlihat bersih dan jernih, maka Anda sudah bisa mematikan kolam renang kemudian memposisikan handle filter tersebut untuk melakukan bilas filter atau rinse. Setelah semua proses telah selesai, hidupkanlah kembali mesin kolam renang Anda.

Langkah selanjutnya ialah dengan melakukan proses sirkulasi normal. Matikan mesin kolam renang Anda kemudian posisikanlah handle filter ke arah filter. Setelah itu, turn on pipa maindrain lalu turn off kan pula pipa pembuangan.

Selanjutnya, hidupkanlah kembali mesin kolam renang Anda setiap 3 hari dengan durasi waktu 3 jam. Anda bisa melakukannya di waktu pagi atau pun di sore hari dengan catatan waktu yang telah ditentukan yaitu selama 3 jama.

Proses sirkulasi normal ini dilakukan agar air yang terdapat di dalam kolam renang Anda tetap jernih dan juga sehat untuk digunakan berenang.

Tentu dengan kualitas air kolam renang yang baik maka Anda pun akan terasa lebih nyaman saat berenang bersama teman dan juga keluarga.

4.Detail sistem instalasi kolam renang skimmer

Beberapa orang menganggap jika sistem skimmer sangat kurang efektif bila dibandingkan dengan sistem overflow. Namun, beberapa ahli kolam renang tidak beranggapan demikian. Mereka menganggap jika sistem skimmer tersebut masih tetap efektif dan masih sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika sistem sirkulasi dari kolam renang skimmer memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh sistem sirkulasi yang lainnya. Sistem skimmer bisa menjadi alternative pilihan untuk banyak masyarakat yang merasa lebih cocok untuk menggunakan sistem ini pada lahannya.

Terlebih lagi keunggulan utama dari menggunakan sistem ini adalah proses pembangunannya yang cocok untuk kolam renang berukuran mini. Tentu dengan ukuran kolam renang kecil tersebut sangat pas bila digabungkan dengan sistem skimmer.

Permukaan airnya yang sempit akan mempermudah Anda untuk menjaga kebersihan kolam renang.  Kemudian, sistem sirkulasi pada kolam renang skimmer ini sendiri sebenarnya tidak memerlukan adanya gutter di bagian samping atau sisi kolam sehingga kolam renang skimmer memang sangat tepat bagi Anda yang memiliki lahan yang sempit.

Untuk melakukan sistem instalasi kolam renang skimmer maka ada baiknya untuk memperhatikan jenis skimmer yang baik dan benar terlebih dahulu. Adapun fungsi utama dari alat ini ialah sebagai titik hisap pada pompa sirkulasi.

Tempatnya yang disesuaikan dengan permukaan air kolam renang skimmer akan mengisap semua kotoran yang mengambang pada permukaan air kolam renang. Untuk memilih skimmer yang baik dan benar tersebut maka usahakan untuk memilih jenis skimmer box yang berukuran agak besar dan jangan terlalu kecil.

Usahakan untuk menggunakan skimmer box yang mempunyai 2 output. Output 1 ini berfungsi untuk mengarah ke pompa sedangkan fungsi output 2 ialah sebagai stabilizer.

Biasanya tersambung ke maindrain bagian bawah atau pun bisa juga tersambung ke bagian dinding kolam. Fungsi stabilizer pada skimmer box ini adalah sebagai penyeimbang lever air dan sebagai pelindung pada mesin kolam yang bisa rusak karena banyaknya angin yang masuk.

B.Skema Sirkulasi Pemipaan

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana tahapan pekerjaan sparing pemipaan pada instalasi kolam renang skimmer secara terperinci. Hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan menggali kolam renang terlebih dahulu.

Kemudian, berikanlah jarak sekitar 30 cm dari konstruksi untuk menanam pipa kolam renang keliling. Pastikan pula telah memasang semua bata pada area kolam renang. Anda bisa melakukan pembesian kolam renang 1 lapis atau pun 2 lapis bisa pada lain waktu yang paling penting adalah pembesian tersebut dilakukan sebelum pengecoran atau tahap begisting.

READ  Jasa Kontraktor Kolam Renang

Selanjutnya, siapkanlah pipa sparring 2“, ini bertujuan agar accessories inlet dan vakum bisa masuk. Setelah itu, jika kebutuhan pipa yang Anda gunakan adalah 1,5” maka di luar sparring Anda bisa melakukan shock pada 1,5”. Lalu, ukurlah finishing Top Bibir pada kolam renang, kemudian jangan lupa untuk memberikannya tanda.

Pasanglah pipa inlet dengan mengambil ukuran toping atas sekitar 40 cm. Kolam renang pribadi pada umumnya cukup hanya dengan menggunakan 3 hingga 4 inplet.  Selanjutnya, silahkan memasang skimmer box dan pastikan jika skimmer box tersebut memang telah mengikuti level toping, selanjutnya jangan lupa untuk menyambung saluran pipa tersebut.

Pipa Maindrain _1- dipasang pada dasar kolam renang kemudian sambungkan pipa skimmer box yang kedua untuk stabilizer. Lalu, adapun untuk pipa maindrain _2- langsung dijalurkan pada arah ruang mesin.

Jangan lupa untuk memastikan semua pekerjaan pipa di check list terlebih dahulu sebelum ada yang terlupa atau ketinggalan. Setelah semuanya telah diperiksa dan telah aman, maka kolam renang Anda sudah siap untuk dicor.

Untuk tahapan pekerjaan penyambungan instalasi kolam renang maka diperlukan jarak sekitar 30 cm dari konstruksi untuk melakukan penempatan jalur pipa instalasi kolam renang skimmer.

Sebelum semua pipa tersebut disambungkan dan dijalurkan ke bagian ruang mesin, ada baiknya jika Anda membuat lantai kerja untuk instalasi pipa dengan menggunakan adukan yang tebal.

Ukuran tebalnya bisa sekitar 10 cm atau Anda juga bisa mengukurnya dengan memastikan jika bagian bawah pada pipa sudah tidak terdapat penurunan tanah lagi. Setelah itu, sambungkanlah semua pipa ke bagian ruang mesin.

Mengenai pipa yang mengarah ke bagian ruang mesin maka Anda perlu mempersiapkan pipa skimmer box, pipa maindrain, pipa inlet serta pipa pembuangan waste yang menuju ke arah bak control pembuangan.

Adapun untuk pemasangan pipa inlet, Anda bisa menggunakan atau melakukan pemasangan secara parallel kemudian menjadikannya satu jika terdapat 3 inlet. Sekedar informasi tambahan untuk Anda, inlet di sini merupakan titik di mana air masuk dan kembali ke dalam kolam renang.

Kemudian, adapun untuk pipa pembuangan yang menuju ke arah bak kontrol pembuangan, maka tidak boleh digabungkan dengan pipa pembuangan yang lainnya. Karena pipa pembuangan di ruang mesin ini digunakan sebagai sistem dorongan mesin tersebut.

C.Harga Skimmer Box

Untuk masalah harga pada skimmer box, sebenarnya Anda bisa langsung berkunjung ke toko-toko peralatan yang menjual perelengkapan kolam renang. Harga yang dibandrol untuk skimmer box ini berkisar di harga sekitar Rp. 800.000 bahkan lebih.

Anda juga bisa mengecek harga skimmer box dengan menggunakan aplikasi online shopping di handphone Anda masing-masing. Berbagai pilihan harga murah biasanya akan lebih mudah didapatkan di online shop saat ini. Namun jika Anda menginginkan untuk mendapatkan harga dan layanan terbaik, sebaiknya Anda membeli skimmer box dari kolambali.com.

Sudah paham bukan, Kolam renang skimmer, bagaimana cara instalasinya, serta skema sirkulasi pemipaan, Harga skimmer box.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × four =