Inilah Perhitungan Konstruksi Billboard yang Harus Diperhatikan

By | April 16, 2020

Era modern seperti sekarang ini, media periklanan sudah semakin maju penerapannya. Biasa ditempatkan pada lokasi yang banyak dilalui khalayak ramai. Salah satunya adalah Billboard dengan ukuran lebih besar dan perlu perhitungan konstruksi Billboard agar dapat berdiri kokoh dan tidak mengganggu pengguna jalan.     

Persiapan Sebelum Mendirikan Billboard atau Neon Box

Billboard sebagai media periklanan berfungsi sebagai sarana memperkenalkan produk, jasa atau layanan masyarakat agar dikenal oleh masyarakat umum. Berbeda dengan spanduk, Neon Box memiliki ukuran yang sangat besar sehingga informasi di dalamnya terpampang jelas.

Maka dari itu, perlu dilakukan perhitungan matang serta pengamanan untuk setiap Billboard. Minimal terdapat satu tiang penyangga demi meminimalisir dampak robohnya papan iklan raksasa itu. Sebab pada musim penghujan kecepatan dan kekuatan angin sangat besar. Hal itu harus dipertimbangkan.

Ada beberapa persiapan yang perlu diperhatikan, mulai dari penentuan lokasi, peralatan membangun yang memenuhi standar, pertimbangan terhadap kekuatan angin dan sebagainya. Ukuran dari papan billboard juga turut menjadi perhatian karena sudah diatur dalam Undang-Undang dan Peraturan Daerah.       

READ  Jenis Bangunan dalam Proyek Kontruksi

Peraturan Tentang Mendirikan Reklame

Peraturan daerah khususnya di Kota Semarang menyatakan bahwa media iklan jenis Billboard memiliki ketinggian pada ruang bebasa minimum 5.5 meter dengan kedalaman pondasi minimum 1.5 meter. Jarak 150 meter antara satu neon box dengan yang lain. Maksimal ukurannya 50 meter persegi.Maka dari itu penting mem perhitungan konstruksi Billboard.

Struktur Billboard yang tersusun atas pilar penyangga utama, berdiameter serta tingkat ketebalan juga perlu diperhitungkan. Agar konstruksinya awet dan tahan lama, tidak dianjurkan mengurangi keperluan bahan yang seharusnya dimanfaatkan demi menjaga kekuatan berdirinya papan raksasa tersebut.

Mendirikan Billboard yang bersifat komersial dilarang bila ditempatkan di gedung, halaman kantor pemerintah pusat, sekolah atau kampus serta tempat-tempat ibadah. Konten iklan tidak boleh berisikan produk rokok dan minuman beralkohol. Selain itu, direkomenasikan memenuhi standar konstruksi.      

Hal-hal yang Perlu Diperhitungkan saat Mendirikan Billboard

Mendirikan Billboard tidak boleh sembarangan tanpa memperhatikan beberapa hal menyangkut kekuatan, keamanan, dan keselamatan para pengguna jalan. Karena pada umumnya Billboard di letakkan di pinggir jalan dan bila roboh dapat menjangkau jalan raya akibat terpaan angin dan cuaca buruk.         

1. Perlengkapan Konstruksi Billboard

Material yang diperlukan saat membangun Billboard harus berkualitas agar hasil konstruksinya kuat. Bahan-bahan seperti besi holo, plat alumunium, besi siku serta pipa besi diameter 35.5 cm atau 40 cm diperlukan demi menjaga kekuatan menopang lebih baik. Pipa besi digunakan sebagai penopang utama.       

READ  10 Alat pertukangan Konstruksi Bangunan

Plat alumunium dapat dijadikan alas untuk meletakkan media iklan yang akan dipasang dan harus melekat kuat dengan konstruksi agar tahan terhadap hembusan angin kencang. Besi siku diatur secara melintang agar terbentuk bingkai Billboard lebih kokoh sesuai dengan perhitungan konstruksi Billboard.        

2. Perhitungan Data Kecepatan Angin dan Tegangan Papan

Perlunya perhitungan data angin agar mendapatkan besaran gaya yang diterapkan pada Billboard sehingga nantinya didapatkan nilai gaya untuk masing-masing ukuran papan iklan raksasa tersebut. Selain itu, tingkat ketegangan papan diperlukan demi mendapat batas perbandingan tegangan luluh. Ini sangat di perlukan dalam perhitungan konstruksi Billboard.

Perolehan nilai tegangan didapat melalui perhitungan jari-jari terluar tiang agar tidak terdapat nilai tegangan pergeseran. Beban yang dihasilkan pada Billboard harus memperhatikan rancangan nilai faktor keselamatan berkisar antara 3 sampai 5 dan tidak diperkenankan lebih dari 126.6 MPa.

3. Perhitungan Variasi Diameter

Dengan melakukan perhitungan variasi diameter terhadap tingkat ketegangan Billboard, tentu menjadi faktor penentu apakah dengan ukuran, ketinggian dan ketebalan tersebut layak didirikan papan iklan raksasa itu. Jika nilai tegangan yang diperoleh tidak melebihi dari yang diizinkan maka berstatus aman.

Sebagai contoh, nilai tegangan pada ukuran Billboard 2×4  dengan ketinggian 5.5 meter memiliki ketebalan 2,8 x  meter dan diameter 0,127 meter diperoleh hasil 79,47 x  Pa. Maka hal tersebut dapat dijadikan tolak ukur untuk mendirikan neon box berdasarkan luas papan 2×4 meter persegi.

READ  Jasa Pengolahan Limbah Rumah Sakit di Bali Terbaik

Kurang lebih bahasan di atas merupakan perhitungan konstruksi Billboard berdasarkan uji pertimbangan terkait data angin, tingkat ketegangan papan dan variasi kelayakan melalui diameter papan iklan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 7 =