Inilah Contoh RAB Pembuatan Kolam Renang Berukuran Besar

By | September 29, 2020

Contoh Rab kolam renang – Untuk memaksimalkan semua proyek pembangunan, maka setiap langkah yang dikerjakan lebih baik jika dibuatkan rencana anggaran belanjanya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, kali ini akan dipaparkan secara detail mengenai contoh RAB pembuatan kolam renang berukuran besar. Agar pembaca sekalian paham dan matang dalam persiapan pembangunan.

Contoh Rab kolam renang

Macam-macam Anggaran Belanja Pembuatan Kolam Renang Besar

Ketika akan membuat kolam renang dengan ukuran besar, maka Anda harus mendata dahulu barang-barang dan kebutuhan apa saja yang harus dibeli. Tentunya, hal itu ada kaitan eratnya dengan pengeluaran biaya pembelanjaan material utama maupun tambahan. Seperti:

1. Anggaran Belanja Keramik

Keramik merupakan salah satu material penting yang wajib dibeli ketika membuat kolam renang. Hal tersebut berfungsi untuk menjaga tampilan supaya tetap indah dan juga bersih ketika sudah digunakan berenang selama bertahun-tahun.

Untuk kolam renang dengan ukuran besar, biasanya ia diprediksi menghabiskan keramik sebanyak 150 meter persegi. Ini sudah lebih dari cukup untuk digunakan di lantai dasarnya maupun dinding samping pembatas.

READ  Biaya Pembuatan Kolam Renang yang Harus Anda Siapkan!

Harga pasaran dari keramik kualitas standar untuk kolam sendiri saat ini sekitar Rp. 50.000,- per meter. Jadi, untuk berjaga-jaga silakan Anda menyiapkan dana sebesar Rp. 7.500.000,- atau lebih. Alasannya, hampir semua anggaran belanja mengalami pembengkakkan dana.

2. Anggaran Belanja Semen

Contoh RAB pembuatan kolam renang berukuran besar tentunya juga melibatkan anggaran pembelian semen. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena material tersebut merupakan bahan dasar dalam pembuatan konstruksi kolam supaya awet dan kuat.

Nah, untuk pembuatan kolam renang berukuran besar, semen yang dibutuhkan ditaksir yakni mencapai 20 karung. Harga per karungnya sendiri yaitu mencapai Rp. 75.000,- dengan kualitas unggulan dan terjamin kekuatannya.

Dalam mengalokasikan anggaran pembelian semen ini, maka Anda disarankan untuk menyediakan budget sebesar Rp. 1.500.000,- saja selama masa pembangunan. Jika ada kurangnya, maka bisa ditambahkan sendiri dari dana luar anggaran.

3. Anggaran Belanja Batu Bata

Keberadaan batu bata menjadi sangat penting dalam pembuatan kolam renang karena ia berfungsi sebagai bahan pembuat fondasi. Bahan satu ini sebenarnya memiliki banyak jenis seperti halnya:

  • Batu bata merah
  • Batu bata putih semen
  • Batu bata ringan atau yang sering disebut hebel

Dalam hal ini, batu bata yang dibutuhkan untuk pembuatan kolam dengan ukuran besar yaitu sekitar berjumlah 1.500 buah. Harga per bijinya sendiri yakni sebesar Rp. 3.000,-. Dengan biaya tersebut Anda sudah akan memperoleh bata merah ukuran standar.

READ  Berapa Biaya Pembuatan Kolam Renang Minimalis?

Jika akan membeli batu bata, maka sebaiknya Anda menyediakan anggaran dana senilai Rp. 4.500.000,- saja. Pintar-pintarlah dalam membelanjakan dan mengatur budget agar biaya pembangunan tidak semakin membengkak secara drastis.

4. Anggaran Belanja Besi Pinggiran

Agar kolam renag yang dibangun aman serta ramah untuk setiap orang, maka hal tersebut harus diberikan besi pegangan pada setiap pinggirannya. Dengan begitu, maka perenang tidak akan khawatir terpeleset.

Adapun, harga besi pinggiran per buahnya yakni mencapai nominal Rp. 250.000,-. Dalam hal ini kolam renang Anda membutuhkanya sebanyak 12 buah untuk dipasang pada pojokan dan juga tepi-tepi kolam.

Dalam menyiapkan anggaran, maka nominal yang harus dipatok yakni sekitar Rp. 3.000.000,-. Jika memungkinkan, sebaiknya sediakan budget lebih saja karena harga pembelian untuk setiap daerah dan toko selalu berbeda-beda. Ini wajib di masukan dalam RAB pembuatan kolam.

5. Anggaran Belanja Aksesoris dan Wahana Permainan Kolam

Berenang di kolam renang tentunya akan lebih mengasyikkan jika terdapat wahana permainan. Hal itu akan membuat anak-anak lebih tertarik sehingga pengunjung waterpark Anda akan semakin ramai setiap harinya.

Adapun, permainan-permain seru yang harus dibeli untuk membuat aktivitas di kolam renang semakin menantang yakni meliputi:

  • Seluncuran
  • Bola-bola kecil
  • Ban karet
  • Outbound kolam renang
  • Air tumpah dalam timba besar
READ  Konstruksi Kolam Renang Kaca [Ulasan Lengkap]

Harga berbagai macam permainan tersebut sangatlah bervariasi. Mudahnya, sediakan saja uang sejumlah Rp. 10.000.000,- untuk membelinya. Nominal tersebut dirasa sudah mencukupi jikalau hanya diperuntukkan dalam melakukan pembelian wahana air berskala kecil saja.

Contoh RAB pembuatan kolam renang berukuran besar di atas, kiranya hal itu bisa memberikan tambahan informasi untuk para pembaca sekalian. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − 1 =