Inilah Berbagai Fungsi Alat Berat Excavator

By | Juli 1, 2020

Para pekerja konstruksi proyek, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah crane, backhoe, crawler, dragline dan lain sebagainya bukan?. Lalu, tahukah Anda bahwa masing-masing fungsi alat berat excavator tersebut juga berbeda-beda? Jika belum, kini pembaca harus mengetahuinya.

Fungsi Alat Berat Excavator

Pengertian Excavator

Excavator merupakan salah satu alat berat yang terdiri dari bucket/attachment, arm, boom, serta kabin dan diletakkan di atas sebuah wahana putar. Mesin tersebut biasa digunakan kontraktor atau tukang untuk mempermudah aktivitas proyek.

Mesin excavator dapat bergerak dengan bantuan pompa hidrolis sebagai sumber penggerak utama. Kemudian ia dapat berputar 360 derajat tanpa harus berpindah tempat menggunakan tenaga power take off dan swing drive.Semuanya mempunyai fungsi alat berat excavator. jika anda ingin menyewa excavator di bali anda bisa menghubungi linajayerental.com.

READ  Kenali Berbagai Bidang Usaha Jasa Konstruksi Berikut Ini!

Fungsi Alat Berat Excavator Secara Umum

Walaupun bentuk dan jenisnya bermacam-macam, namun secara umum fungsi alat berat excavator adalah sebagai berikut:

  • Excavator dapat digunakan untuk menggali lubang atau parit.
  • Excavator dapat digunakan untuk memasang pondasi bangunan.
  • Excavator dapat digunakan untuk memindahkan material konstruksi berat.
  • Excavator dapat digunakan untuk pengerukan dasar sungai.
  • Excavator dapat digunakan untuk memotong material keras.
  • Excavator dapat digunakan untuk penghancuran bangunan.
  • Excavator dapat digunakan untuk meratakan permukaan tanah.
  • Excavator dapat digunakan untuk mengikis tebing.
  • Excavator dapat digunakan untuk memuat material ke dalam truk atau container.

Komponen Excavator Beserta Fungsinya

Untuk menunjang kinerja alat terdapat beberapa macam komponen pada excavator. Berikut adalah masing-masing fungsi alat berat dari bagian-bagiannya:

komponen excavator

1. Bucket atau Attachment

Bucket merupakan keranjang pada excavator dan berfungsi sebagai komponen pengeruk. Pada ujungnya terdapat jari-jari seperti garpu yang berguna untuk mempermudah proses penggalian tanah. Saking kerasnya benda tersebut, tanah sekeras apapun bisa dengan mudah dilunakkan.

2. Bucket Silinder

Bucket silinder adalah sebuah aktuator sistem hindrolik. Komponen tersebut, terletak pada lengan excavator dan berfungsi untuk menggerakkan pengeruk agar bisa berayun dengan baik.

3. Boom atau Lengan Besar

Boom merupakan sebuah komponen lengan besar yang terhubung secara langsung ke excavator. Ia memiliki fungsi mengayunkan arm agar bucket pengeruk menjangkau jarak lebih jauh.

READ  Jasa Konstruksi Meliputi Apa Saja? Ini Penjelasannya!

4. Boom Silinder

Boom silinder adalah sebuah aktuator hidrolik pada bagian lengan besar yang memiliki fungsi untuk menggerakkan arm naik turun.

5. Track

Track merupakan kaki excavator yang terbuat dari serangkaian rantai besi atau ban besar. Fungsi dari komponen ini ialah untuk membuat alat berat dapat bergerak pada segala macam medan proyek.

6. Lengan Excavator

Lengan excavator berfungsi untuk mengayunkan bucket menuju target yang akan dikeruk. Selain itu, ia juga dijadikan sebagai tempat meletakkan komponen bucket silinder.

7. Arm Silinder

Lengan silinder adakah sebuak aktuator hidrolik yang memiliki bentuk tabung dan terletak pada bagian boom. Ia berfungsi untuk menggerakkan arm excavator agar dapat berayun.

8. Swing Drive

Swing drive merupakan komponen pada excavator yang memiliki fungsi sebagai engsel diantara badan dan track. Bagian tersebut memungkinkan body dapat berputar secara 360 derajat.

9. Cabin

Cabin merupakan sebuah ruangan pengoperasian pada excavator. Komponen tersebut berfungsi sebagai tempat bagi operator mengatur dan mengendalikan gerakan dari alat berat.

10. Mesin/ Hydraulic Pumo Room

Komponen berikut terletak pada bagian belakang badan excavator. Ia memiliki fungsi untuk melektakkan pompa hidrolis dan mesin penggerak dari alat berat tersebut,

READ  Rumus Perhitungan Alat Berat Excavator: Produktivitas Kerja Backhoe

Jenis Excavator dan Masing-Masing Fungsinya

Berdasarkan bentuk attachment atau ujung lengannya, terdapat beberapa jenis excavator dengan fungsi yang berbeda-beda sebagai berikut:

1. Excavator Backhoe

Backhoe merupakan jenis excavator yang memiliki roda pada bagian tracknya. Ia biasa berfungsi untuk memindahkan material atau melakukan pengerukan ringan. Ini sering digunakan untuk pembangunan dalam skala kecil.itulah fungsi alat berat excavator jenis Excavator Backhoe

2. Excavator Crawler

Crawler adalah jenis excavator yang memiliki jari-jari bucket tajam. Ia biasa difungsikan untuk mengeruk permukaan tanah dan mengikis tebing.

3. Excavator Calm Shell

Calm Shell merupakan salah satu jenis excavator dengan bucket berbentuk capit. Ia biasa berfungsi sebagai pengeduk jepit dan pengangkut material.

4. Excavator Dragline

Excavator jenis ini biasa ditemui di lokasi pertambangan. Dragline berfungsi untuk mengeruk material menggunakan tali kawat yang ditarik sehingga bagian ujungnya bergerak.

Itulah berbagai macam fungsi alat berat excavator berdasarkan kegunaan umum, bagian komponen-komponen, serta jenisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 4 =