Hal yang Harus Diperhatikan dalam Konstruksi Kolam Renang

By | April 16, 2020

Saat ini tidak sedikit rumah memiliki tempat berenang pribadi. Namun hampir semua orang belum mengerti struktur dan konstruksi kolam renang. Hal tersebut sebenarnya penting untuk diketahui bersama, terutama bagi yang ingin membangunnya.

Mengenal Perkembangan Struktur dan Konstruksi Kolam Renang

Bagi kebanyakan orang mungkin merasa tidak perlu mengerti mengenai hal ini. Padahal struktur dan konstruksi kolam renang berdampak pada kualitas serta daya tahan bangunan sendiri. Terutama bagi orang yang ingin mempunyainya, faktor ini wajib diketahui.

Baik secara desain serta ukuran pasti memiliki aturan yang perlu diterapkan. Di antaranya seperti pembesian, hal terkait penulangan untuk kolom juga sloof. Kemudian pembesian dinding, lalu lantai kolam renang hingga kondisi kemiringan dan kontur tanahnya perlu mengikuti standar.

Segala hal tersebut akan menjaga agar kualitas serta daya tahan kolam renang menjadi baik. Kemudian umurnya jadi lebih lama sampai bertahun-tahun. Maka jangan meremehkan struktur juga konstruksi karena secara langsung dapat mempengaruhi harga dan budget yang perlu dikeluarkan.

READ  Jasa Interior Desain Bali

Namun seiring berkembangnya zaman memunculkan berbagai jasa konstruksi bertebaran di internet. Hal tersebut memberikan kemudahan bagi orang yang ingin memiliki kolam renang pribadi. Alasannya karena tentu masalah struktur dan konstruksi sudah terjamin oleh mereka.

Faktor yang Mempengaruhi Konstruksi Kolam Renang

Pada poin ini akan dijelaskan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi konstruksi juga harga kolam renang. Maka sebaiknya dipikirkan matang-matang saat ingin menggunakan jasa pembuatan. Caranya dengan mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

1. Tempat atau Lokasi Kolam Renang Berada

Faktor pertama yang perlu diperhatikan adalah dari segi lokasi kolam renang hendak dibangun atau berada. Terutama jika medan seperti tanahnya terbilang sulit karena miring. Misalkan karena memang bertempat didaerah pegunungan maupun dataran tinggi.

Tentu saja faktor tersebut akan mempengaruhi kualitas dan budget yang perlu dikeluarkan. Alasannya karena pihak kontraktor perlu menggunakan material serta teknik berbeda untuk medan sulit. Maka bisa jadi jika tetap dikerjakan dalam waktu singkat kolam renang memiliki resiko longsor.

Sebaiknya memilih lokasi yang mudah dan menghilangkan berbagai resiko seperti longsornya kolam renang. Di antaranya berdataran rendah juga rata seperti daerah perkotaan atau pemukiman. Tentu jika hal tersebut dilakukan maka pengeluaran bisa lebih murah serta umurnya terjamin.

READ  Alat Kontruksi Baru untuk Tahun Ini

2. Ukuran dan Finishing Kolam Renang

Faktor berikutnya yang berpengaruh pada konstruksi dan harga kolam renang adalah dari segi ukuran serta finishing. Jika dilihat secara dasar sudah pasti semakin besar sebuah bangunan juga menaikkan resiko. Namun sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan spesifikasi material terbaik.

Hal tersebut tentu juga kurang berdampak baik pada finansial klien. Jika berukuran oversize beberapa biayanya meliputi tenaga pekerja yang lebih banyak dan kualitas serta jumlah material semakin tinggi. Maka sebaiknya sesuaikan kebutuhan pembangunan apabila memang untuk pribadi.

Berikutnya adalah finishing dalam pembuatan kolam renang. Penggunaan material serta penerapan gaya yang kurang sesuai bukan hanya membuat bengkak biaya. Namun kualitas juga fungsi utama kolam renang, misalkan menjadi lebih mudah bocor dan sebagainya.  

3. Tambahan Elemen dan Aksesories Kolam Renang

Faktor berikutnya adalah dengan penambahan elemen serta aksesoris yang tidak sesuai. Misalkan pompa, filter, atau mesin penghangat suhu dan pembuat gelombang air. Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan juga disesuaikan dengan aturan dalam struktur konstruksi akan berdampak buruk.

Dampak buruk dimaksud misalkan kebersihan dan perawatan kolam renang menjadi kurang maksimal. Penyebabnya tentu karena lokasi penempatan alat atau spesifikasinya yang tidak sesuai. Jika hal tersebut terjadi maka biaya lain menjadi perlu dikeluarkan untuk mengatasi masalah itu.

READ  Cara memilih Lokasi properti yang bagus

Selain itu penambahan elemen penghangat suhu air atau pembuat gelombang. Secara otomatis membutuhkan ruang juga kesesuaian dengan konstruksi serta desain kolam renang. Maka tentu akan memberikan tambahan masalah, selain dari segi energi, biaya, umur, dan ketahanannya.

Itulah tadi penjelasan mengenai konstruksi kolam renang. Hal tersebut perlu diketahui oleh orang yang ingin memiliki atau membangun kolam renang. Beberapa faktor di atas diharapkan juga akan membantu memudahkan terhindar dari berbagai masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 5 =