Berapa Ketebalan Cor Kolam Renang?

By | September 24, 2020

Konstruksiindo – Setiap orang memiliki cara berbeda-beda dalam memfungsikan lahan kosong di sekitarnya. misalnya saja menentukan ketebalan cor kolam renang pribadi maupun umum.

Selain memungkinkan melakukan olahraga sehat berupa renang kapan saja, pemilik tidak perlu melakukan biaya perawatan tambahan lainnya.

ketebalan cor kolam renang

Apa Fungsi Cor Kolam Renang?

Membangun sebuah cor pada kolam renang memiliki sifat penting bahkan menjadi bagian yang harus diperhatikan dengan baik. Masalahnya ini menyangkut keamanan serta keindahan kolam supaya bisa menambah indah tampilan rumah. Berikut ulasannya secara lebih luas:

1. Menjaga Keamanan Kolam Renang

Pertama, cor kolam renang dapat menghindarkan bangunan tersebut dari resiko-resiko yang tidak diinginkan. Misalkan saja terjadinya kebocoran, tanah Ambrol, bagian tepi banyak keropos dan cat mudah mengelupas. Solusinya ialah memberikan campuran semen dengan pasir dalam racikan pas.

Adonan tersebut ditempatkan di bagian sisi sisi dalam lubang. Namun sebelumnya banyak prosedur lain agar bangunan tersebut menjadi kokoh, misalnya pembuatan kerangka besi, lapisan papan, dan lainnya. Sejauh ini, cor merupakan solusi keamanan terbaik bagi kolam renang berkualitas tinggi.

READ  Pembuatan Kolam Renang Anak yang Ideal

2. Memperindah Tampilan Kolam Renang

Dengan menempatkan cor di sepanjang sisi kolam renang, hal tersebut memungkinkan dilakukan dekorasi. Misalnya dengan menambahkan keramik khusus berbagai motif khas kolam renang, melakukan pengecetan banyak warna, memberikan gambar, atau lain sebagainya.

Tidak mengherankan apabila alternatif ini banyak dilakukan oleh pengelola jasa kolam renang umum. Tampilan cor bervariasi akan memberikan daya tarik bagi calon penggunanya. Untuk biayanya sendiri masih terhitung murah serta cukup mudah dilakukan oleh para profesional.

Cara Pembuatan Cor Kolam Renang

Secara teknis, melakukan pengecoran pada kolam renang tidak bisa dilakukan sembarangan. Meskipun kelihatannya cukup mudah, namun bisa berakibat fatal yaitu kerusakan dini.

Selain itu mungkin saja tambahan biaya lebih mahal atau lebih parahnya yaitu ambrol ketika tengah digunakan. Berikut informasi singkat mengenai prosedur pembuatan cor kolam renang yang benar:

1. Pemasangan Bekisting dan Plaster

Bekisting merupakan teknik pertama yang digunakan untuk menghindari keambrolan pada dinding dalam kolam renang. Caranya yakni menaruh bebatuan menempel dengan tanah pada seluruh bagian sisi dalam.

Selain dinding bagian bawah juga diberi plaster sebagai lantai. Terdiri dari adukan semen. Untuk ketebalan beton, Anda bisa memakai ukuran tebal lantai 15 cm dan tebal dinding 12 cm. sedangkan urungan sirtu sebesar 5 cm saja.

READ  5 Tips Perawatan Kolam Air Renang Pribadi Supaya Jernih dan Bersih Setiap Hari

2. Pemasangan Besi

Setelah selesai langkah pertama, selanjutnya pada bagian atas ditutup dengan besi cor kolam renang. Kerangka tersebut dibentuk sesuai ukuran kolam. Pondasi tersebut harus kokoh karena akan berpengaruh pada lapisan bangunan diatasnya. Tujuan pemasangan ini yakni menguatkan Bekisting bawah serta cor bagian luar

3. Pemasangan Papan Kayu / Bambu

Bagian ini bertujuan untuk memberikan permukaan datar pada adukan semen. Alasannya besi serapat apapun tidak cukup membuat cor berbentuk lurus. Adapun papan kayu atau bambu tersebut dipasang pada seluruh bagian sisi kolam renang dengan bertumpu serta menyesuaikan kerangka kuat di bawah.

4. Pengecoran Lantai

Setelah tuntas menyelesaikan kerangka, maka proses menuangkan adukan cor bisa dilakukan. Langkah pertama yaitu membuat lantai dahulu. Tujuannya agar lebih efisien dan efektif. Selain itu, bagian bawah lebih tebal sehingga membutuhkan waktu mengering lebih lama.

Untuk Ketebalan cor lantai dan dinding kolam renang yang standar adalah 15 cm – 20 cm

5. Pengecoran Dinding

Apabila bagian lantai sudah mengeras dengan sempurna, masuk kepada pembuatan lapisan dinding dapat dilakukan. Bahan material nya sama yaitu menggunakan campuran semen dengan pasir (bahan semen lebih banyak).

6. Pelepasan Bekisting

Apabila bangunan cor sudah mengering, selanjutnya ialah proses pelepasan Bekisting besi beserta papan pada bagian dinding. Setelah itu, lubang tersebut akan diisi dengan adukan semen campur pasir kasar sedikit demi sedikit supaya terisi secara penuh. Dengan begitu kolam renang bisa anti kebocoran

READ  Sistem Instalasi Kolam Renang Skimmer, Skema Sirkulasi Pemipaan, dan Harga Skimmer Box

7. Tes Rendam Beton

Upaya terakhir untuk menciptakan cor kolam renang dengan kualitas terbaik yakni melakukan tes rendam beton. Tekniknya dengan mengisi air secara penuh ketika seluruh bagian bangunan sudah mengering sempurna. Pengecekan beberapa hari ini biasanya juga dilakukan sebagai jasa garansi.

Demikian penjelasan singkat mengenai tujuan serta ketebalan cor kolam renang yang aman dan tahan lama. Dijamin anti ambrol atau mengakibatkan resiko kerugian lainnya. Ada baiknya proses pembuatan dilakukan oleh jasa kontraktor kolam renang profesional atau minimal yang berpengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × two =