Begini Cara Menghitung Kebutuhan Besi untuk Plat Lantai

By | Maret 7, 2020

Konstruksi Indo – Apakah Anda sedang berencana untuk membangun plat lantai dan bingung mengenai cara menghitung kebutuhan besi untuk plat lantai tersebut? Pembuatan plat lantai ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Selain perencanaan yang matang, penghitungan besi yang tepat pun dibutuhkan agar lantai dapat berdiri dengan kokoh. Nah, agar Anda tidak keliru dalam menghitung kebutuhan besi untuk plan lantai, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Yuk simak penjelasannya!!!

cara menghitung kebutuhan besi untuk plat lantai

Cara Menghitung Kebutuhan Besi

Sebelum mulai menghitung kebutuhan besi untuk plat lantai, tentu saja Anda perlu menentukan beberapa hal. Yang mana akan berpengaruh seberapa banyak kebutuhan besi.

1. Luas Rangka yang Dibutuhkan

Setiap rumah pasti memerlukan rangka dengan fungsi dan ukuran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus menentukan luas rangka bangunan terlebih dahulu.

READ  Berapa sih Jarak Anyaman Besi Cor Lantai?

2. Kedalaman Kolom dan Ring

Agar rumah Anda semakin kokoh, Anda juga perlu membuat kolom dan juga ring yang kuat dan stabil. Jadi, Anda harus menentukan kedalaman kolom dan ring untuk pondasi rumah Anda.

3. Bagian Rumah yang Membutuhkan besi

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua bagian rumah membutuhkan besi. Karena itu, Anda tidak perlu menghitung kebutuhan besi untuk plat lantai ini berdasarkan keseluruhan luas rumah. Cukup lakukan perhitungan berdasarkan bagian rumah yang membutuhkan besi ini.

4. Besar Tulangan

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah besar tulangan untuk proses pembesian. Semakin besar rumah yang akan Anda bangun, semakin besar pula tulangan yang harus di gunakan. Besi yag di butuhkan akan menjadi banyak.

5. Diameter besi yang dibutuhkan

Besi untuk plat lantai ini memiliki jenis dan diameter yang berbeda-beda. Maka Anda juga harus menetukan ukuran besi plat yang Anda butuhkan. Diameter besi ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran rumah. 

Cara Menghitung Kebutuhan Besi untuk Plat Lantai dengan Mudah

Sebelum menghitung kebutuhan besi untuk plat lantai, Anda harus terlebih dahulu menetukan jumlah besi. Cara menghitung untuk arah datar dan arah tegak dengan rumus berikut:

READ  Alat Kontruksi Baru untuk Tahun Ini

(panjang plat lantai : jarak pemasangan) x 2 kali untuk dipasang atas dan bawah) : sisi datar atau sisi tegak. Untuk lebih mudahnya, harap perhatiakan contoh penghitungan besi plat lantai dengan ukuran 3 m x 6 m. Dengan tebal 12 cm dan besi yang digunakan 10-200 di bawah ini. 

Menghitung jumlah besi arah datar

Untuk jumlah besi yang dibutuhkan untuk arah datar dengan jarak pemasangan 20 cm adalah 180 meter, yang mana didapatkan dengan perhitungan sebagai berikut; (6 m (panjang plat lantai) : 0.2 m (jarak pemasangan)) x 2 kali) : 3 m (sisi tegak) = 180 m.

Menghitung jumlah besi arah tegak

Jumlah besi yang dbutuhkan pada arah tegak juga 180 meter dengan perhitungan sebagai berikut ; (3 m (panjang plat lantai) : 0.2 m (jarak pemasangan)) x 2 kali) :  6 m (sisi panjang) = 180 m. 

Total jumlah besi yang di butuhkan pada plat lantai

Untuk menghitung total batang besi yang dibutuhkan adalah dengan menggunakan rumus: (jumlah besi arah datar + jumlah besi arah tegak) : panjang besi per batang. Nah, jika Anda menggunakan besi yang per batangnya sepanjang 12 meter ( umumnya yang di jual di toko ). Maka total batang besi yang Anda perlukan adalah sebagai berikut: (180 + 180) : 12 = 30 batang besi.

Inilah cara menghitung kebutuhan besi untuk plat lantai yang perlu Anda ketahui. Dapat disimpulkan bahwa semakin luas plat lantai dan semakin kokoh bangunan tersebut, maka semakin banyak besi yang Anda butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − 4 =