Kenali Berbagai Bidang Usaha Jasa Konstruksi Berikut Ini!

By | April 22, 2020

Tumbuhnya pembangunan di Indonesia semakin pesat, khususnya di kota-kota besar yang tersebar pada masing-masing pulau. Peranan penting dari sebuah konstruksi mencakup hampir di semua sektor sebab bidang usaha jasa konstruksi sangat luas cakupannya. Maka tidak heran jika banyak orang membutuhkannya.    

Beragam Bidang Usaha Jasa Konstruksi     

Cakupan usaha jasa konstruksi begitu luas dan sangat dibutuhkan untuk proses pembangunan. Maka tidak mengherankan bila jasa konstruksi sudah menjangkau hampir di setiap bidang bangunan seperti rumah, kampus, hotel, gedung perkantoran, stasiun, bandar udara dan lain sebagainya:

1. Bidang Pekerjaan Sipil  

Layanan jasa konstruksi mencakup bidang pekerjaan sipil. Beberapa bentuk fisiknya dapat dilihat dari pembangunan gedung, rumah, jalan raya, jembatan, jalur kereta api, jalan tol, landasan pesawat, rute bawah tanah, terowongan jalan, saluran pembuangan, bendungan, jaringan  pengairan dan lain-lain.

Pelaksanaan pekerjaan juga melingkupi pembangunan stadion dan olah raga lapangan, khususnya dalam penyelenggaraan Nasional maupun Internasional seperti PON, Sea Games, Asian Games dan Olimpiade. Sehingga apabila menjadi tuan rumah, fasilitas penyelenggaraan event sudah terpenuhi.       

READ  Berapa sih Jarak Anyaman Besi Cor Lantai?

2. Bidang Teknik Kelistrikan

Dalam bidang kelistrikan, jasa konstruksi sangat diperlukan dalam pemasangan jalur aliran listrik, jaringan distribusi dan transmisi, instalasi pembangkit listrik, pembangkit sinyal telekomunikasi serta media bantu perlintasan laut, navigasi penerbangan, bangunan sinyal pemancar radio dan sebagainya.

Layanan jasa konstruksi juga mencakup keamanan dan kenyamanan internal seperti instalasi dan perawataan yang mencakup ventilasi, lemari pendingin, pemanas elektrik, penyejuk ruangan, insulasi anti kebakaran, suara, thermal penahan panas dinding, ketel uap serta saluran pembuangan.

3. Bidang Tata Lingkungan

Bidang usaha jasa konstruksi juga termasuk dalam pelaksana tata lingkungan yang mencakup tata kota atau planologi, analisa pengaruh lingkungan, bangunan pengolahan limbah dan air bersih, teknik lingkungan, pengembangan daerah, instalasi pipa air bersih dan limbah, saluran pipa minyak dan gas.          

Pembangunan gorong-gorong, pelebaran jalan, menyediakan jembatan layang, penerapan trotoar juga termasuk bagian dari tata lingkungan sehingga pelaksanaan pembangunan lebih tersetruktur dan tidak mengganggu kepentingan umum. Semua hal tersebut diperlukan agar berjalan sebagaimana mestinya.      

4. Bidang Pendidikan

Peran dari jasa konstruksi juga merambah dunia pendidikan, termasuk dalam pembangunan gedung sekolah baik secara bertingkat atau tidak bertingkat. Hal tersebut demi mendukung kenyamanan dan ketenangan selama proses belajar mengajar berlangsung.          

READ  Cara memilih Lokasi properti yang bagus

Sama halnya dengan pembangunan gedung kampus, laboratorium praktik, perpustakaan, pusat penelitian, science park, tempat pelatihan, bangunan aula dan sebagainya. Sangat krusial sekali mengingat pada tingkat Perguruan Tinggi memiliki banyak jurusan di berbagai bidang.         

5. Bidang Kesehatan

Keperluan untuk tenaga medis dan pasien juga sangat diperlukan ketika jasa konstruksi membangun puskesmas, rumah sakit, klinik, rumah bersalin, tempat prektek dokter, apotik dan sebagainya. Hal ini demi tercapainya saran dan prasarana untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan pengobatan.       

Selain itu, tempat rehabilitasi untuk pemulihan para pengguna narkoba turut diperlukan agar tersedia ruang khusus bagi mereka menjalani tahapan rehabilitasi. Sama halnya dengan ruang isolasi yang digunakan untuk menangkal penyebaran virus berbahaya dari penularan agar tidak semakin meluas.  Bidang ini termasuk bidang usaha jasa konstruksi yang cukup penting.

6. Bidang Pertambangan Mineral dan Gas Bumi

Sektor pertambangan juga tidak luput dari peranan jasa konstruksi karena aktivitas di dalamnya membutuhkan pemasangan alat angkut serta angkat material berupa mineral dan batubara. Selain itu, juga pemasangan seperti pipa gas, energi, pembuangan turut disediakan agar tersalurkan dengan benar.    

Fasilitas seperti produksi hingga penyimpanan gas dan minyak mentah perlu dibangun agar penempatan proses dan hasil produksi sesuai dengan kebutuhan lingkungan kerjanya. Maka dari itu, pihak pelaksana konstruksi harus jeli dalam merencanakan pembangunan seperti apa yang nantinya akan diberlakukan.   

READ  Gunakan Material Baja untuk Konstruksi Gudang

7. Bidang Fasilitas Perbankan

Jasa konstruksi turut terlibat dalam hal membangun fasilitas perbankan, khususnya dalam arsitektur bangunan bank, money changer dan ruang tempat penyimpanan benda berharga. Sebab, harus didukung dengan tingkat keamanan gedung sesuai standar agar tidak terjadi aksi tindak kriminal.   

Demikianlah pembahasan mengenai bidang usaha jasa konstruksi yang melingkupi hampir semua bidang sehingga masing-masing pihak dapat merasakan manfaat dan kesesuaian penerapannya.    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × four =