Biaya Pembuatan Kolam Renang yang Harus Anda Siapkan!

By | April 11, 2020

Konstruksiindo.com – Bagi seorang kontraktor kolam renang orang awam yang ingin membuat sarana pemandian di belakang rumah mereka, maka mengetahui terlebih dahulu tentang simulasi biaya pembuatan kolam renang. Hal tersebut dilakukan supaya persiapan budget bisa maksimal dan tidak meleset.

Rincian Biaya Pembuatan Kolam Renang

Ketika membuat kolam renang yang berfungsi sebagai pemandian umum maupun pribadi, maka hal tersebut akan banyak memakan biaya.

Biaya pembuatan kolam renang bergantung pada luas serta mewahnya kolam, semakin mewah tentunya semakin mahal layaknya kolam renang kaca. Berikut daftarnya:

1. Biaya Pembelian Semen

Semen merupakan salah satu bahan material yang harus ada dalam pembuatan kolam renang permanen. Ia berfungsi untuk merekatkan pasir dan batu bata serta membuat dinding-dinding bangunan menjadi lebih kuat.

Karena pentingnya semen tersebut, maka Anda harus memilih material yang satu ini dengan kualitas baik. Secara umum, harga per karungnya yakni sekitar Rp 55.000,- saja dan itu sudah termasuk dalam golongan standar. Jika ingin lebih baik lagi, maka harganya pun semakin mahal pula.

READ  Jasa Kontraktor Kolam Renang

Sebagai perkiraan biaya, untuk satu kolam renang dengan ukuran standar biasanya membutuhkan semen sebanyak 15 karung. Jadi, Anda harus menyiapkan budget pembelian semen sekitar kurang lebih Rp 850.000,-.

2. Biaya Pembelian Pasir

Simulasi biaya pembuatan kolam renang selanjutnya juga mencakup pembiayaan untuk pembelian pasir. Sistem jual beli dari barang yang satu ini biasanya menggunakan ukuran kubik atau per bak truk standar.

Nah, kebutuhan pasir untuk kolam renang ukuran standar yang akan Anda buat biasanya adalah sebesar 1 kubik truk ukuran besar saja. Dan umumnya itu masih akan tersisa sedikit.

Untuk harga pasir setiap kubik truk dengan ukuran besar yakni sekitar Rp 800.000,-. Akan tetapi, harganya juga berbeda-beda bergantung di wilayah mana Anda membelinya. Jadi, siapkan saja anggaran pembelian material yang satu ini sebanyak Rp 1.000.000,-.

3. Biaya Pembelian Batako atau Batu Bata

Pembuatan kolam renang dengan ukuran standar tidaklah menghabiskan banyak batako atau batu bata. Kira-kira, ia hanya memerlukan sekitar 1000 biji saja.

Nah, sekarang ini harga jual batu bata atau batako di pasaran umumnya adalah sekitar Rp 3.500,00. Jadi, siapkan saja anggaran atau budgetnya yakni sebesar Rp 3.500.000,-.

Jika tidak ingin menggunakan batako atau batu bata, maka Anda juga bisa memanfaatkan bata ringan atau hebel. Harganya memang lebih mahal, tetapi pemasanganya mudah dan daya kekuatannya pun lebih terjamin.

READ  Berapa Ketebalan Cor Kolam Renang?

4. Biaya Pembelian Keramik

Agar dinding serta permukaan lantai kolam renang tetap bersih dan terlihat indah, maka Anda pun perlu memasanginya dengan keramik. Jenisnya sangatlah beragam dan modelnya lumayan banyak mulai dari polos hingga bermotif.

Untuk keramik bermotif, harganya yakni sekitar Rp 65.000,- per meternya. Sedangkan untuk jenis polos umumnya memiliki harga kurang lebih berkisar antara Rp 45.000,00 hingga Rp 55.000,00. Tentunya, hal tersebut berbeda-beda bergantung pada kualitasnya juga.

Nah, kebutuhan keramik untuk pembuatan kolam renang ini sekitar 8×6 meter persegi. Berarti di sini budget yang harus disiapkan yaitu sekitar 3 hingga 4 jutaan rupiah. Namun, sebaiknya lebihkan anggaran tersebut agar pembangunan lebih berkualitas.

5. Biaya Finishing serta Kelengkapan Kolam Renang

Di luar membuat kontruksi inti, maka biaya pembuatan kolam renang juga mencakup fasilitas tambahan seperti halnya besi pembatas, pegangan, tangga serta berbagai macam wahana permainan anak layaknya prosotan dan lain-lain.

Untuk permainan anak-anak tersebut, Anda boleh membelinya ataupun tidak, Namun, pegangan serta pembatas kolam haruslah dibeli karena itu merupakan bagian dari keamanan dan tidak boleh diabaikan begitu saja oleh pemilik rumah atau owner water park.

Untuk biaya finishing kolam renang serta pembuatan tangga dan pegangan besi, maka Anda hanya cukup menganggarkan biaya sebesar Rp 2.000.000 saja. Hal itu sudah lebih dari cukup ketika penggunaannya bisa dihemat sebaik mungkin.

READ  Pembuatan Kolam Renang Anak yang Ideal

Nah, sekarang Anda sudah tahu dan paham tentang simulasi biaya pembuatan kolam renang bukan? Oleh karena itu, mulailah mempersiapkan membeli beragam materialnya dengan meminimalisir budget sedini mungkin supaya tidak menghabiskan banyak anggaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 12 =