Berbagai Macam Software Animasi 3D Arsitektur Terbaik Saat Ini

By | April 16, 2020

Ada banyak software yang bisa digunakan untuk menentukan desain sebuah bangunan. Piranti ini banyak dicari oleh para arsitek maupun mahasiswa. Itu dikarenakan mereka mencari aplikasi untuk merancang bangunan secara akurat. Berikut akan disajikan berbagai macam software animasi 3D arsitektur terbaik yang bisa dijadikan pilihan.

Macam-Macam Software Arsitektur 3D

Dahulu arsitek harus menggambar model bangunan secara manual. Namun, kini ada beberapa piranti lunak yang bisa membantu membuat desain. Tampilan rancangan pun bervariasi mulai 2D hingga 3D. Nah, di bawah ini terdapat beberapa software arsitektur yang dapat Anda gunakan untuk merancang rumah kesayangan dengan format 3D:

1. Virtual Architect Home Design

Software ini ialah salah satu aplikasi membuat bangunan yang berkualitas. Ada banyak kelebihan dari piranti lunaknya, salah satunya ialah desain rumah terlihat modern. Tampilannya tersedia dalam bentuk 3D dengan fitur lengkap dan mudah digunakan. Apalagi terdapat tutorial pemakaian jika memilih aplikasi ini.

Kemudahan tersebut tak hanya dirasakan oleh arsitektur dengan jam terbang tinggi. Namun, pemula pun dapat mengoperasikannya dengan mudah. Bahkan, pengguna yang berasal bukan dari kalangan arsitek bisa mencoba merancang hunian. Dijamin Softwarenya menawarkan pengalaman mendesain bangunan berkualitas.

READ  Berbagai Arsitektur Kontemporer yang Sedang Hits

2. Sweet Home 3D

Ada lagi software animasi 3D arsitektur terbaik untuk arsitektur, yakni Sweet Home 3D. Sesuai dengan namanya, desain bangunan terlihat seperti rumah sesungguhnya. Tampilannya berkualitas sehingga para pemula pun dapat merancang hunian idaman mereka. Terdapat kurang lebih 75 furnitur yang bisa Anda dipakai.

Selain bisa mendesain bentuk sebuah bangunan, para pengguna pun diizinkan mengisi perabotan rumah seperti meja, kursi, tempat tidur dan perabotan lainnya. Bahkan, Anda bisa meletakkan kendaraan favorit seperti motor serta mobil di garasi yang dibuat. Hasil desain makin keren dengan detail perlengkapan ini.

3. Softplan

Salah satu software lain yang bisa dijadikan pilihan adalah Softplan. Piranti lunak ini menawarkan rancangan bangunan 3D dalam bentuk canggih dan berkualitas. Ia mampu menyimpan segala informasi sehingga detail rumah terlihat jelas. Konstruksi gedung pun terlihat seolah nyata. Softplan ini sangat praktis.

Uniknya, ia mampu menyimpan secara otomatis wujud denah ke dalam bentuk virtual 3D. Tak hanya menyediakan jasa membantu perancangan bangunan, software tersebut memberikan list daftar bahan bangunan. Ini tentu memudahkan arsitektur atau pemula yang ingin terjun langsung membuat desain.

4. AutoCad

Ini ialah salah satu software animasi 3D arsitektur terbaik yang dapat membantu para arsitektur dalam pembuatan desain rumah berkualitas. Aplikasi satu ini menghasilkan rancangan secara cepat dan akurat sehingga pesanan klien bisa segera terpenuhi. Selain itu, ruang gambar juga luas hingga terasa lebih nyaman.

READ  Arsitektur Modern : Ciri Khas, Desain dan Bentuknya yang Unik

Terlebih lagi, software ini pun menyediakan fasilitas untuk merancang denah atau bangunan berukuran super kecil. Terlebih lagi, Anda bisa mencetaknya dengan ukuran berbeda tanpa harus membuatnya kembali. Kerjaan jadi lebih cepat selesai. Sayangnya, AutoCad ini sedikit lebih mahal dibandingkan lainnya.

5. SketchUp

Ada lagi software animasi 3D arsitektur yang bisa digunakan untuk membuat desain rumah idaman Anda. Terdapat kelebihan dari piranti tersebut, salah satunya ialah aplikasi ini ringan sehingga bisa digunakan di berbagai jenis komputer. Selain itu, interface SketchUP menarik dan mudah saat dioperasikan.

SketcUp juga menyediakan fitur yang bisa diimport ke berbagai file seperti pdf, dwg dan 3ds. Adanya kelebihan tersebut membuat software disukai banyak pengguna. Meskipun demikian, ada sebuah kekurangan yakni kesulitan saat membuat denah menuju ke tingkat selanjutnya. Ini sedikit kurang praktis.

6. Piranesia

Aplikasi ini dapat membantu para penggunanya menghasilkan animasi 3D yang sangat artistik. Ini adalah software rendering arsitektur yang berkualitas. Meskipun permodelannya menggunakan gaya konvesional, namun hasil desain sungguh menarik dan detail. Piranesia dapat menjadi pilihan Anda.

Piranesia ini menguntungkan karena dipercaya mampu mengurusi beberapa objek sekaligus. Dapat dikatakan ia multitasking. Sama seperti software lainnya, aplikasi tersebut mempunyai sedikit kekurangan yakni tidak bisa menghasilkan peta tekstur sehingga pengguna harus menggunakan alat pendesain lainnya.

READ  Keunikan Arsitektur Rumah Minimalis dengan Desain Kekinian

Itulah beberapa software animasi 3D arsitektur terbaik 2020 di Indonesia. Kini Anda dapat memilih aplikasi mana yang sesuai untuk membuat rancangan hunian tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 7 =