Berbagai Arsitektur Kontemporer yang Sedang Hits

By | April 16, 2020

Terdapat banyak gaya bangunan yang bisa dijadikan referensi tempat tinggal, salah satunya arsitektur kontemporer. Tipe hunian dengan model ini sedang ramai diburu orang karena desainnya terlihat unik dan memiliki ciri khas.

Mari Kenali Ragam Arsitektur Kontemporer

Ada beberapa hal yang menjadikan arsitektur kontemporer ini memiliki nuansa tersendiri. Jika Anda sedang penasaran mengenai rumah hits tersebut, berikut adalah ulasannya:

1. Bangunan Memiliki Warna yang Tegas

Ada banyak alasan suatu bangunan disebut memiliki gaya kontemporer. Salah satunya ialah dapat dilihat dari pemilihan warnanya. Warna huniannya mempunyai aksen tegas, putih, abu-abu, dan coklat adalah pilihan yang sering jadi inspirasi. Terdapat pula color combination dalam satu desain rumah tipe ini.

Cat tembok disesuaikan dengan furnitur sehingga tercipta harmoni antara rumah dan perabot. Pemakaian cat hunian jenis ini mirip dengan modern style. Namun, gedung kontemporer ditunjang desain yang unik serta kekinian. Sementara itu, gaya modern mengedepankan kesederhanan dan multifungsi.

READ  Keunikan Arsitektur Rumah Minimalis dengan Desain Kekinian

2. Bangunan dengan Material Bangunan Unik

Suatu bangunan bisa pula dikatakan kontemporer dari pemilihan bahan-bahan yang digunakan. Sebagai contoh, terdapat suatu rumah dengan dinding penyekat dari kaca. Penggunaan material ini memberikan kesan unik pada hunian. Selain itu, ruangan pun nampak sedikit lebih luas dibandingkan ukuran aslinya.

Ada pula bangunan kontemporer yang membuat jendela kamar tidur dari kaca super besar dengan fungsi sekaligus sebagai dinding. Penggunaan material bisa berdampak besar pada sebuah ruangan karen ia bisa memberi efek lebih besar maupun lebih kecil. Oleh sebab itu, pemilihan bahan ini berperan penting.

3. Bangunan Berbentuk Melengkung

Salah satu ciri bangunan arsitektur ialah bentuknya yang unik. Sebuah rumah umumnya memiliki bentuk persegi atau persegi panjang. Namun, hal ini berbeda dengan gaya kontemporer yang menciptakan model gedung melengkung. Perbedaan itu karena ia mengedepankan desain sangat kekinian.

Bentuk hunian dapat terinspirasi dari benda apapun di sekitar tempat tinggal yang tidak terpikirkan sebelumnya. Bahkan perabotan rumah seperti gelas dan vas dapat menjadi sumber inspirasi. Meskipun memiliki rancangan artistik, namun hunian tetap nyaman karena segalanya telah dipikirkan oleh arsitek.

4. Bangunan Dinamis dan Luas

Salah satu bentuk arsitektur kontemporer ialah lainnya dapat ditemukan di perumahan elit. Bangunan yang disuguhkan berukuran luas dengan tipe ruang sangat dinamis. Hal ini dikarenakan minimnya penggunaan sekat pada rumah. Meskipun ada pembatas, namun biasanya tidak permanen dan dapat dipindahkan.

READ  Cara Membuat Instalasi Arsitektur yang Mudah

Penggunaan kamar tanpa sekat itu membuat bangunan terlihat dinamis dan luas sehingga ruang ukuran sedang akan nampak lebih besar dibanding ukuran aslinya. Tak heran jika hunian gaya kontemporer memanfaatkan ide ini. Ia menguntungkan para pemilik lahan sempit yang ingin membangun rumah.

5. Bangunan yang Ramah Lingkungan

Ada lagi jenis bangunan gaya kontemporer di dekat Anda yakni rumah ramah lingkungan. Selain didesain unik, ruang tersebut memiliki sistem pemanfaatan alam. Salah satunya hunian dengan tenaga surya sebagai sumber listrik utama. Ini ialah contoh dari penghematan daya lingkungan demi mewujudkan bumi yang hijau.

Pemanfaatan matahari untuk harian dapat menghemat daya bumi. Apalagi energi tersebut tidak terbatas sebab tersedia melimpah. Meskipun demikian, pengguna harus merogoh kocek lebih karena panel surya ini terbilang mahal. Namun, itu sebanding dengan manfaat yang akan dirasakan oleh penggunanya.

6. Bangunan dengan Atap yang Unik

Selain dirancang ramah lingkungan, jika diamati sekilas atap bangunan kontemporer ini sangatlah menarik. Sebab, ia tidak seperti gedung modern pada umumnya. Bentuknya variasi, mulai dari yang melengkung hingga flat. Penggunaan bagian atas hunian tersebut disesuaikan pula dengan bangunan.

Tak sedikit pula yang mengombinasikan antara atap tipe melengkung dengan flat. Adanya kombinasi ini membuat gedung terlihat sangat unik. Keunikan dan keindahan bangunan dapat membuat para penghuni merasa nyaman saat tinggal di rumah itu. Kekhasan pada ruang memberikan energi positif penghuninya.

READ  Arsitektur Modern : Ciri Khas, Desain dan Bentuknya yang Unik

Jika sedang mencari info terkait rancangan arsitektur kontemporer hits 2020, Anda dapat menjadikan informasi di atas sebagai referensi membangun hunian tercinta. Model-model tersebut cocok bagi pecinta desain kekinian plus ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 2 =