Berapa Biaya Pembuatan Kolam Renang Minimalis?

By | April 16, 2020

Banyak orang yang merasa enggan untuk berenang di fasilitas umum. Alasannya beragam, mulai dari mengkhawatirkan kesehatan kulit, tidak tawar air, kedalaman kurang sesuai, hingga pengeluaran biaya membengkak. Oleh karena itu, pembuatan kolam renang minimalis di rumah bisa jadi solusi.

Keuntungan Pembuatan Kolam Renang Minimalis

Kini, tak sedikit orang yang mulai tertarik untuk membangun kolam pribadi di rumah dengan gaya minimalis. Hal ini menjadi sebuah kabar baik mengingat berenang merupakan salah satu olahraga paling efektif dalam menjaga kesehatan jantung, paru-paru, otot tubuh bagian atas serta kaki, dan lain lain. Berikut beberapa keuntungan lainnya dari membuat kolam renang minimalis:

1. Biaya Pembangunan Minim

Sebagaimana konsep yang diusungnya, sudah tentu kolam renang model ini akan minim dalam berbagai aspek. Baik itu ukuran hingga biaya pembuatan. Total akhirnya sekitar 90 juta untuk desain dan perlengkapan standart, termasuk gaji pekerja. Bagi fungsi pribadi, tentu nominal itu cukup hemat.

Yang masuk dalam kategori perhitungan ini ialah ukuran kolam renang sebesar 4 x 6 m. Calon pengguna bisa membuat permintaan lebih panjang maupun terkait kedalaman dan nanti biaya menyesuaikan. Nominal budget sangat ekonomis dibanding konsep umum yang mencapai ratusan juta.

READ  Pembuatan Kolam Renang Anak yang Ideal

2. Hemat Lahan

Tidak bisa dilepaskan dari poin pertama, penggunaan lahan kecil ini bisa menjadi solusi dari beberapa kalangan yang ingin sekali membuat sebuah kolam renang namun tak memiliki cukup tanah. Konsep minimalis sangat cocok diletakkan di dalam, belakang, maupun depan samping rumah.

Dengan lahan yang masih cukup tersisa di sekitar kolam renang, pengguna bisa dengan leluasa memanfaatkannya untuk membuat nuansa lebih cantik. Misalnya menanam pohon kamboja di sepanjang tepi, membuat gazebo kayu, membuat kandang hewan peliharaan, taman kecil / lainnya.

Perencanaan Dana untuk Membuat Kolam Renang Minimalis

Setelah membaca ulasan diatas, tentunya pengguna menjadi semakin penasaran mengenai bagaimana perincian dana ekonomis yang bisa dianggarkan untuk membuat sebuah kolam renang pribadi. Supaya lebih mudah dipahami, ulasan akan dibagi menjadi 3 subbab utama berikut ini:

1. Biaya Material Pembangunan Kolam Renang

Anggaran terbanyak dalam pembuatan kolam renang minimalis ataupun beberapa konsep lainnya terletak pada pembiayaan pembangunan. Hal ini mudah dipahami, karena aspek tersebut merupakan bagian paling penting demi menghindari keretakan, ambrol, bocor, maupun kerusakan dini lainnya.

Prosedur pembuatan kolam renang sendiri tidak mudah, memakan waktu berhari-hari hingga mingguan. Material yang dipakai sangat beragam, mulai dari besi, bebatuan, papan, semen, pasir halus dan kasar (sebagai adonan cor) dan atribut kecil lainnya semisal kawat. Termasuk gaji pekerja dan total biaya pembangunan sekitar Rp. 80.000.000,-

READ  Konstruksi Kolam Renang Kaca [Ulasan Lengkap]

2. Biaya Memenuhi Perlengkapan Kolam Renang

Setelah jadi bentuk kolam renangnya serta melalui uji keamanan yang ketat, pemilik juga perlu melengkapinya dengan atribut kolam renang. Misalkan saja papan pegangan besi untuk naik maupun turun, lampu beserta tiangnya, inlet dan vacum. Minimal 4 elemen inilah paling penting di dahulukan.

Pengguna bisa juga menambahkan desain kreatifitas di sekitar kolam renang, seperti kursi berjemur, relief tembok kasar atau semacamnya. Meskipun kelihatannya hanya atribut pelengkap, kehadiran mereka harus dimasukkan dalam anggaran sebab fungsi nya penting, terutama bagi keamanan. Untuk anggaran biaya perlengkapan standart kolam renang minimalis sekitar Rp. 3.000.000,-

3. Biaya Pemasangan Sirkulasi Air

Supaya air di dalam kolam renang tetap sehat dan tidak mengandung kuman, pemilik diharuskan untuk rajin menggantinya. Permasalahan muncul ketika si tuan rumah tidak memiliki waktu setiap hari untuk melakukan penyedotan air dengan menggunakan mesin pompa sampai habis lalu mengisi lagi

Sekarang sudah ada teknologi otomatis bertenaga listrik yang bisa digunakan untuk menjaga sirkulasi air tetap bersih dengan hanya menyalakan sakelar. Dalam sistem ini, air di daur ulang menjadi steril kembali dalam mesin pompa tersebut. Problem membersihkan isi kolam pun selesai. Adapun anggaran pembelian mesin pompa jenis ini membutuhkan dana sekitar Rp. 12.000.000.-

READ  Cara Pemasangan dan Proses Pembesian Kolam Renang

Informasi pembuatan kolam renang minimalis ini pasti bermanfaat bagi pembaca yang mendambakan bisa berenang dalam ruang pribadi, namun masin terkendala beberapa hal tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × two =