Bagaimana Cara Membuat Taman Rumah Lahan Sempit?

By | April 14, 2020

Konstruksiindo – Beberapa cara membuat taman rumah lahan sempit dilakukan sedemikian rupa agar seluruh space dapat termanfaatkan dengan baik. Hal ini dibuat untuk membangun konsep asri dan hijau di rumah yang tak memiiki banyak lokasi sebagai media tanam.

Cara Membuat Taman Rumah Lahan Sempit yang Mudah

Membuat desain taman di rumah yang tidak memiliki sisa lahan besar harus membutuhkan kreativitas dan imajinasi tinggi. Agar dapat menghasilkan garden cantik dan minimalis namun tetap memberi efek sejuk seperti di pedesaan. Berikut cara membuat taman rumah yang berlahan sempit:

1. Menentukan Posisi Lahan dan Melakukan Pengukuran

Sebelum menentukan model taman, Anda harus menentukan dulu lokasi pembuatannya. Pilih area terbuka atau semi terbuka agar pancaran sinar matahari dapat masuk. Selain itu, tempatkan garden pada posisi yang tepat agar dapat terlihat rapi dan artistik.

Kemudian selanjutnya Anda dapat melakukan pengukuran pada area tersebut. Jika akan dibuatkan kontruksi pot semen, pembatas, tapakan kaki atau kolam kecil, perhitungkan dengan baik agar dapat terlihat cantik, asri dan tidak terlalu padat.

READ  8 Desain Taman Rumah Minimalis yang Menginspirasi

2. Perhitungkan Budget

Setelah menentukan lokasi pembuatan taman, Anda juga harus mempertimbangkan budgetnya. Agar semua keperluan dapat tercover secara baik dan garden impian bisa jadi sesuai harapan. Jadi perhitungkan dengan baik, jangan sampai di pertengahan proses, berhenti begitu saja.  

Jika modal Anda tidak terlalu besar, bisa pilih model dengan kebutuhan yang ringan. Jadi dapat diakali menggunakan barang bekas atau peralatan murah namun tetap menonjolkan konsepnya. Karena untuk menciptakan taman indah tidak berarti harus mahal.

3. Menentukan Desain Taman

Setelah menentukan lokasi pembuatan taman, Anda juga harus mempertimbangkan desain seperti apa yang akan dikerjakan. Pada tahap inilah, diperlukan kreativitas dan pemikiran lebih agar tampilannya hasilnya nanti cocok dengan dekorasi rumah.

Cara membuat taman rumah lahan sempit dan variasi desainnya dapat dilihat secara lengkap di media online. Di sana setiap model ditampilkan dengan cukup variatif juga inspiratif. Jadi cobalah untuk eksplor ide bentuk garden terbaik untuk menyejukkan hunian impian Anda.

4. Membuat Sketsa

Setelah menentukan desainnya, Anda bisa membuat coretan sederhana di sebuah kertas kosong tentang bentuk taman yang diidam-idamkan. Dengan menggunakan peralatan tulis seadanya saja sudah dapat menciptakan gambaran detail planningnya.

READ  8 Desain Taman Rumah Minimalis yang Menginspirasi

Jika sketsa telah dibuat, maka ke depannya pasti pembangunan taman akan berjalan lancar. Karena semua telah direncakan dengan baik dan tersusun rapi. Pembuatan sketch ini sangat efektif mengurangi kesalahan dan perubahan konsep di pertengahan jalan.Ini adalah salah satu cara membuat taman rumah lahan sempit lebih mudah.

5. Memilih Jenis Tanaman Hias

Sebelum menentukan jenis tanaman yang akan ditanam, sebaiknya pahami baik-baik konsep taman pilihan Anda. Agar dapat sesuai konsep dan tidak terlihat timpang jika dipadukan dengan desain gardennya sehingga hasilnya nanti akan tampak harmonis dan selaras.

Pemilihan tanaman ini juga disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar agar dapat tetap hidup dan bertahan lama. Jika rumah Anda berada di daerah dekat pantai, bisa memilih tanaman kaktus-kaktusan yang tidak memerlukan udara dingin atau lembab.

6. Penataan Tananam Hias

Jika sudah ditentukan jenis tumbuhannya, kini saatnya memikirkan posisi penataan letak bunga-bunga atau tanaman hiasnya. Penentuan tempat dapat dilakukan dengan mencari inspirasi sebanyak-banyaknya, baik dari media online atau melihat langsung.

Untuk mengatasi kekurangan lahan, Anda dapat mengatasinya dengan menyusun tanaman secara vertikal sehingga terlihat lebih rapi dan luas. Ini bisa menggunakan tali yang menggantung atau kerangka kayu untuk menempatkan pot, botol bekas, paralon dan lain-lain.

READ  8 Desain Taman Rumah Minimalis yang Menginspirasi

7. Pembuatan Drainase

Dalam pembangunan taman, hal yang sebenarnya paling penting adalah pembuatan drainase. Agar pada saat melakukan penyiraman, air tidak jatuh menggenangi tempat di sekitarnya dan menyebabkan tampilan menjadi kurang menarik.

Buat drainase dengan kontruksi yang baik dan dapat terhubung dengan saluran air rumah atau bisa langsung terserap ke dalam tanah. Kemudian, pastikan alirannya tidak terhambat oleh apapun agar tidak menghambat jalannya air.

8. Perhatikan Akses Masuknya Sinar Matahari

Membuat taman bukanlah hanya sekedar menciptakan keindahan sementara, namun Anda juga harus menjaga daya tahan dari tanaman hiasnya. Maka dari itu, seperti yang telah diulas di atas, menentukan tanaman harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Pada saat pembuatan taman, menentukan lokasi harus memperhatikan akses pancaran sinar matahari agar dapat masuk mengenai seluruh tanaman. Namun jika tanaman adalah jenis yang dapat hidup dibawah naungan, mungkin Anda dapat  menggunakan area semi terbuka.

Demikian sekilas informasi tentang cara membuat taman rumah lahan sempit, kiranya dapat berguna bagi yang sedang berencana membangun small garden di rumah Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + seventeen =