Arsitektur Modern : Ciri Khas, Desain dan Bentuknya yang Unik

By | April 22, 2020

Arsitektur modern biasa disebut juga dengan arsitektur modernis. Istilah ini mulai muncul pada abad ke-20 dan menjadi kegemaran banyak kalangan setelah perang dunia ke-2. Penemuan bangunan model baru tersebut banyak menggunakan kaca. Selain itu, baja dan beton juga menjadi bahan utama paling populer abad 19.

Arsitektur Modern Memiliki Ciri Khas Tersendiri

Tahukah Anda ciri-ciri dari arsitektur modern itu? Arsitektur modern memiliki ciri khas tersendiri, kebanyakan model gaya dari bangunan masa kini hanya mengembangkan dari bentuk masa lalu saja atau bisa disebut juga kontemporer.

Jadi, Anda harus mengetahui ciri-ciri dari bangunan ini sebelum memutuskan untuk membuatnya.

  • Memiliki bentuk yang sederhana sampai kebagian inti desain.
  • Memiliki elemen garis simetris dan kuat, baik itu horizontal maupun vertikal.
  • Memiliki prinsip less is more, maksudnya tidak menggunakan ornamen bangunan lain secara berlebihan. Bisa dikatakan juga sesuai dengan fungsinya.
  • Terlihat sangat jujur dalam hal penggunaan material. Hal tersebut dikarenakan bahan dari arsitektur ini dari besi, beton dan lain sebagainya. Oleh karena itu, akan sangat terlihat dengan jelas.
  • Tidak terlalu banyak memiliki pembatas ruangan dan juga didukung dengan banyaknya elemen dari kaca sehingga menyebabkan terlihat sangat terbuka.
  • Terlihat sangat menyatu dengan alam disekitarnya.
  • Tidak memiliki banyak gaya (seragam).
  • Bentuknya terbilang monoton, maksudnya sampai kapanpun arsitektur modern ini memiliki bentuk yang sama dengan awal mula munculnya model bangunan seperti ini tanpa memiliki perubahan.
  • Memiliki keseragaman antara arsitek, tidak ada pembeda antara satu dengan lainnya (sesama arsitektur modern).
READ  Keunikan Arsitektur Rumah Minimalis dengan Desain Kekinian

Selain memiliki ciri-ciri khas seperti disebutkan di atas, arsitektur modern juga mempunyai berbagai bentuk yang harus Anda ketahui.

Bentuk dari Bangunan Arsitektur Modern

Bagi para praktisi, arsitektur ini memiliki model membingungkan dikarenakan kebanyakan dari bahan bangunan yang dipakai tidak dibentuk sedemikian rupa. Hal tersebut bertujuan supaya nampak satu kesatuan antara bentuk, fungsi dan kontruksi hingga terlihat sangat unik ketika dinikmati oleh mata.

Arsitektur mengutamakan bentuk yang sederhana. Karena sebelum ditemukannya model ini, kebanyakan bangunan dahulu sangat kompleks dan dipenuhi ornamen. Lebih jelasnnya lagi sangat mengutamakan fungsi dari pada model. Oleh karena itu, gaya ini dibuat selalu mengikuti kegunaannya.

Ruangan Bagian dalam Bangunan Arsitektur Modern

Ruang bagian dalam dibangun tanpa menghabiskan banyak material sehingga yang digunakan hanya sesuai dengan kebutuhan saja. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan sebuah keindahan berasal dari kemurnian suatu bangunan tanpa melibatkan banyak bahan.

Bentuk maupun struktur dari arsitektur modern tidak memiliki perkembangan. Hingga sampai saat ini bangunan yang menggunakan model ini tetap sama seperti dulu. Yaitu selalu menyesuaikan dari kegunaan suatu ruangan, kebanyakan tanpa memiliki sekat pemisah. Kalaupun ada menggunakan bahan dari kaca.

Bahkan arsitektur memiliki sebuah ciri khas yang mana ketika membuat suatu ruangan sebisa mungkin harus sederhana tanpa menambah suatu material ataupun mengkombinasikannya. Hal tersebut akan menambah daya tarik tersendiri ketika dipandang oleh mata dan menjadi pembeda.

READ  Berbagai Macam Software Animasi 3D Arsitektur Terbaik Saat Ini

Jenis Desain Model Arsitektur Modern

Desain merupakan hal yang tak kalah penting dari lainnya, karena setiap bangunan sudah pasti membutuhkannya sebagai sebuah gambaran sebelum memulai pembangunan. Lebih dari itu, ketika sudah menentukan salah satu maka akan mewujudkannya. Keindahan juga tergantung dari desain.

  • Pembuatan sebuah desain mengikuti dari konteks yang ada di sekitar lokasi pembangunan, entah itu dari material atau bahan yang akan digunakan sampai model pembuatannya.
  • Pembuatan desain menggabungkan dari beberapa bahan atau material yang ada supaya tercipta suatu bentuk yang serupa tanpa menonjolkan salah satunya.
  • Memiliki kencendrungan lebih menonjolkan keindahan.
  • Menciptakan suatu bentuk yang berbeda akan tetapi masalah fungsi tetap sama.
  • Rancangan bentuk yang berarti. Maksudnya setiap bentuk yang dibangun memiliki sebuah fungsi tersendiri.
  • Menampilkan beberapa bentuk yang seimbang antara satu dengan lainnya.

Ulasan di atas mengenai arsitektur modern sangat cocok untuk Anda apabila suka dengan model bangunan yang tampil sangat sederhana apa adanya. Selain itu, tepat juga apabila menyukai bentuk ruangan luas tanpa banyak memiliki sekat atau pembatas sehingga bisa digunakan untuk suatu acara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 1 =