8 Desain Taman Rumah Minimalis yang Menginspirasi

By | April 14, 2020

konstruksiindo – Membuat desain sebuah taman rumah minimalis memang tidaklah semudah yang dipikirkan. Karena harus dipikirkan dengan baik bagaimana cara memanfaatkan suatu lahan agar dapat terlihat asri dan menarik, namun tidak menghilangkan kesan simplenya.

8 Inspirasi DesainTaman Rumah Minimalis Terbaik

Melakukan upaya untuk membuat halaman rumah menjadi asri dan hijau, pembuatan taman merupakan cara yang efektif. Walaupun beberapa hal harus dipikirkan dengan baik agar tampilannya lebih indah dan tetap menonjolkan keminimalisannya.

Maka di sini akan diulas beberapa inspirasi yang bisa membantu Anda dalam pembangunan taman rumah minimalis.

1. Taman di Atap (Roof Gardening)

Pada umumnya, rumah minimalis tidak menggunakan atap segitiga yang biasa digunakan kebanyakan rumah. Bentuk simpel dengan roof datar membuatnya dapat difungsikan sebagai taman, tempat bersantai sekaligus berkebun.

Desain menarik ini sangat cocok bagi tipe minimalis dengan lahan sempit. Memanfaatkan area kosong yang tak terpakai cukup efektif membuat hunian semakin indah. Menikmati pagi Anda di atap, bersantai merasakan hangatnya sinar mentari dan ditemani tanaman hijau asri di sana.

READ  Jenis Bangunan dalam Proyek Kontruksi

2. Taman Vertikal (Vertical garden)

Taman vertikal juga cocok diaplikasikan pada rumah minimalis. Karena dengan desain media tanam yang berdiri tegak pada dinding rumah sangat mendukung konsep simple hunian Anda. Apalagi lahannya cukup sempit, hal ini dapat membuatnya tampak lebih luas.

Anda dapat menanam berbagai macam tanaman yang menarik di sana. Seperti kaktus, anggrek, lili paris, sirih merah, kupung gajah, cryptanthus dan tumbuhan hias lainnya. Vertical garden ini dapat membuat tampilan rumah menjadi asri namun membawa kesan unik di dalamnya.

3. Taman Wall Painting 3D

Desain ini konsepnya hampir sama dengan vertical garden, yaitu tanaman hias ditempatkan di dinding atau bidang tegak untuk memperluas lahan. Namun pembuatannya harus diawali dengan pembuatan sketsa gambar dan pewarnaan.

Stelah wall painting 3D sudah selesai, barulah pemasangan pot berisi tanaman hias dilakukan. Penempatannya pun bebas, tinggal disesuaikan dengan konsep gambar saja sehingga lukisan tersebut lebih terlihat nyata dan artistik.

4. Taman Berkolam Natural

Membuat taman rumah minimalis memang membutuhkan kreatifitas tinggi untuk menampilkan bentuk keindahan tanpa memerlukan lahan yang luas. Pembangunan garden dilengkapi dengan kolam sangatlah menonjolkan sisi natural pedesaan.

Inspirasi desain ini cukup estetik untuk dibangun di rumah berkonsep minimalis. Sekejap bersantai meletakkan punggung di kursi sambil mendengarkan gemericik air yang jatuh melewati susunan batu-batuan indah mampu menghilangkan kepenatan akan kesibukan aktivitas Anda.

READ  Mengenal Konstruksi Jalan

5. Taman Berkerikil dan Berbatu

Batu-batuan dan kerikil dapat Anda padukan dengan tanaman hias untuk membangun tampilan yang eksotik dari sebuah taman kecil. Penempatan tumbuhan dapat menggunakan pot atau ditanam langsung pada tanah. Namun, posisi juga harus dipertimbangkan secara baik agar terlihat indah.

Menghias sisa lahan rumah memang perlu dipertimbangkan dengan baik agar tidak melenceng dari konsep hunian yang minimalis dan simpel. Pemberian batu-batuan ini dapat menonjolkan sisi natural, unik dan memiliki nilai seni tinggi.

6. Taman Dengan Pot-Pot

Jika rumah tidak memiliki lahan tanah sebagai media tanam, Anda bisa menggunakan pot sebagai tempat menanam tanaman hias. Jadi tinggal menyusunnya berderetan dengan teratur pada tempat yang mudah terkena sinar matahari pagi dan cocok dibuat bersantai.

Metode pembuatan taman ini, Anda hanya perlu mempersiapkan pot-pot yang ukurannya sesuai dengan luas lahan. Apabila lokasi tidak begitu besar, maka sebaiknya gunakan size kecil saja agar dapat ditanami bermacam-macam tumbuhan hias.

7. Taman Rumput Terbuka

Untuk membuat taman rumah dengan konsep minimalis, terkadang membutuhkan kreativitas dan imajinasi agar menampilkan suasana asri dan sejuk. Penanaman rumput di halaman hunian Anda cukup efektif untuk memperluas tampilan lahan yang sempit.

READ  Cara memilih Lokasi properti yang bagus

Untuk membuat taman, Anda bisa menggunakan beberapa jenis rumput seperti, jepang, manila, teki, swiss, babat, gajah (besar, mini dan lokal) atau peking. Desain garden ini sangat berefek terhadap tampilan lahan karena akan terlihat lebih lapang dan hijau.

8. Taman Berkonsep Oriental

Taman berkonsep oriental juga cocok untuk menghiasi hunian idaman yang berdesain minimalis. Model ini menggunakan hiasan-hiasan berbau Japanese seperti kolam dengan bangunan air mancur dilengkapi ornamen khas jepang.

Unsur air pada taman desain Japanese dianggap dapat mengalirkan energi chi (kehidupan). Jadi memang pembangunan kolam merupakan ciri khas dari konsep ini. Dilengkapi tanaman bonsai, bambu-bambu Jepang dan batu-batuan atau jembatan kecil membuat tampilan semakin indah.

Itulah beberapa desain taman rumah minimalis, semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam membangun sebuah garden dengan memanfaatkan sisa lahan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 5 =